PENGARUH KAPABILITAS INOVASI DAN STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MASA COVID-19

Mila Hertiana, Erry Sunarya, Faizal Mulia Z

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovasi dan strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing. Untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovasi terhadap keunggulan bersaing, untuk mengetahui pengaruh strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing serta untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovasi dan strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing pada Asosiasi Perencanaan Pernikahan Sukabumi (APSS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non probality sampling (Purposive Sampling) dan sampling jenuh. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 pemilik wedding organizer di Kota sukabumi. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koefesien kolerasi ganda, regresi linear berganda, uji koefesien determinasi, uji secara simultan (uji f), serta uji secara parsial (uji t), untuk mengetetahui sejauh mana pengaruh dari kedua variabel independen yang diteliti terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) adanya pengaruh positif dan signifikan antara kapabilitas inovasi terhadap keunggulan bersaing pada Asosiasi Perencanaan Pernikahan Sukabumi sebesar 0,607. (2) adanya pengaruh positif dan signifikan antara strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing pada Asosiasi Perencanaan Pernikahan Sukabumi sebesar 0,320. (3) adanya pengaruh positif dan signifikan antara kapabilitas inovasi dan strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing dengan interpretasi sangat kuat. Kontribusi yang diberikan oleh kapabilitas inovasi dan strategi diferensiasi sebesar 88,1 % dan sisanya sebesar 11,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

    

Keywords


Kapabilitas Inovasi, Strategi Diferensiasi, Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufiqurahman. 2019. Manajemen Stratejik. pertama,20. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama Alamat.

Ahdiat, Adi. 2020. “Imbas Corona, Industri Event Organizer Kehilangan Potensi Pemasukan.”

Akbar, and Rinaldi Fadilah. 2017. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan Pada Sari Anzailla (Sa) Wedding And Event Organizer Di Kota Bandung.” STIE Ekuitas.

Andiyanto, Frenky, and Miyasto Syuhada Sufian. 2017. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1–20.

Anggraeni, Juni. 2020. “Potensi Bisnis Wedding Organizer Sebagai Salah Satu Multiplier Effect Industri Mice.” Jurnal Ilmiah Maksitek Vol. 5 No 1 5(1):5–24.

Danial, R. Deni Muhammad. 2017. “Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Kecil Dan Menengah (Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat).” Junral Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 7:13–21.

Faizah, Nor. 2017. “Analisis Strategi Diferensiasi Citra Perusahaan Dalam Pemasaran Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing.” Jurnal Bisnis Manajemen Dan Islam 5 No 2.

Ferdinand. 2020. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Umkm Krupuk Di Desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.”

Haque, Marissa Grace, Munawaroh Munawaroh, Denok Sunarsi, and Aris Baharuddin. 2021. “Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs ‘Bakoel Zee’ Marketing Strategy in BSD.” PINISI Discretion Review 4(2):277. doi: 10.26858/pdr.v4i2.19962.

Heng Lie. 2016. “Studi Mengenai Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Diferensiasi Produk, Dan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Kreatif Di Kota Pontianak.” Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 8 No 1:38–49.

Indrawan, Bisma, and Rina Kaniawati Dewi. 2020. “Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017.” Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 4(1):78–87. doi: 10.37339/e-bis.v4i1.239.

Linarwati, Mega, Azis Fathoni, and Maria M. Minarsih. 2016. “Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus.” Journal of Management 2(2):1.

Mariahma, Sari, and Nova Sipayung. 2021. “Analisis Strategi Bisnis Pada Kedai Kopi Aceh Kuphi Medan.” Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI) 148–53.

Maryani, Linda, and Harmon Chaniago. 2019. “Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di Industri Fashion.” Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 5(1):48. doi: 10.35697/jrbi.v5i1.1615.

Mazo, Nathaly Berrío Garcia y Rodrigo. 2017. “Komunikasi Budaya Kegiatan Bisnis Perhelatan.” Undip E-Journal System.

Merakati, Indah, Rusdarti, and Wahyono. 2017. “Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan Melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran.” Journal of Economic Education 6(2):114–23. doi: 10.15294/jeec.v6i2.19297.

Miraza, Zuwina, and Hafriz Rifki Hafas. 2016. “Dampak Sumber Daya VRIN Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja (Studi Pada UKM Di Medan).” Jurnal Manajemen Dan Organisasi 6(2):91. doi: 10.29244/jmo.v6i2.12241.

Novianto, Efri. 2019. Manajemen Strategi. Edisi Pert. CV Budi Utama.

Rahman, and Enny. 2019. Manajemen Strategi.

Saputra, fransiskus yoga. 2017. “UMKM Industri Busana Muslim Di Innovation Capability Analysis Towards Moslem Fashion Msmes Industri In Balubur Town Square.” Universitas Katholik Parahyangan.

Sartika, Dewi. 2015. “Inovasi Organisasi Dan Kinerja Organisasi.” Jurnal Borneo Administrator 11 No 2. doi: http://dx.doi.org/10.24258/jba.v11i2.196.

Satriagung, Nanda. 2018. “Pengaruh Kapabilitas Inovasi Terhadap Tipe Inovasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Koperasi.” Universitas Islam Indonesia.

Shidiq, Umar, and Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53.

Valiandri, bunga ayu. 2016. “Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dirumah Cantik Sehat Muslimah.” Applied Microbiology and Biotechnology 85(1):2071–79.

Wilujeng, Biyan, Sri Dwiyanti, and Arita Puspitorini. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Xpressi Wedding Organizer.” E-Journal 10(2):43–49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mita Sri Mulyani, Erry Sunarya, Faizal Mulia Z

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.