Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik

Siti Ita Masita, Pujianti Bejahida Donuata, Agustinus A Ete, Muhamad Epi Rusdin

Abstract


Physic Education and Technology (PhET) adalah salah satu media pembelajaran yang diciptakan untuk memberikan pengalaman interaktif bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik dengan menggunakan PhET Simulation. Penelitian ini dilakukan di MTs AT-Taqwa Maumere, dengan sampel 58 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara purposive sampling.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode Quasi Experimen, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelompok belajar yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana sampel kedua kelas ini dipilih tidak secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal test kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian dengan mengacu pada perhitungan N-gain menunjukan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Peningkatan pemahaman konsep fisika pada kelas eksperimen sebesar 0,62 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,13. Berdasarkan hasil perhitungan n-gain dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan PhET Simulation dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik.


Keywords


Pemahaman Konsep, PhET Simulation, Pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Ariani, Niken & Haryanto,D. (2010). “Pembelajaran Multimedia di Sekolah: pedoman pembelajaran inspiratif, konstruktif dan prospektif: Jakarta ;Prestasi Pustakraya.

Athaillah, Khaldun I., dan Mursal, (2017). “Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta didik MelaluiLaboratorium Virtual Pada Materi Listrik Dinamis DiSma Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 05,(1),114-119.

Aulia, H., Saridewi, N., Luki, Y., (2017). “Penerapan Model POGIL (Process-oriented guided-inquiry learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Laju Reaksi”. Jurnal Center For Science Education. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. p-ISSN: 1979-7281, e-ISSN: 2443-1281, 9,(2), 174-181

Darrah, M., Humbert, R., Finstein, J., Simon, M., Hopkins, J. (2014). Are Virtual Labs as Effective as Hands-on Labs for Undergraduate Physics? A Comparative Study at Two Major Universities. Journal of Science Education and Technology. 23 (3). 803–814

Elisa, Mardiyah, A., Ariaji, R., (2017). “Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui Phet Simulation”. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran. FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. p-ISSN: 2599-1914, e-ISSN: 2599-1132 1, (1), 15-20.

Emda, A. (2014).Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam

Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah.Lantanida journal, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 2 , (2), 219-222

Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., &Hidayat, A. (2016). Deskripsi Penguasaan Konsep Siswa Terhadap Materi Fluida Statis Di Tana Paser Kalimantan Timur Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (p. 416).

Hermansyah, H., Gunawan, & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Muflika, A, A., & Setiadi, R. (2012). Eksplorasi Pemberdayaan Courseware simulasi PhET untuk membangun keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 17(2), 258-270.

Sagala, S. (2013)Konsep Belajar dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Siswono, Hendrik. (2013). Virtual Laboratory. (Online) tersedia: http://masboy69.blogspot.com/2013/10/virtual-laboratory.html. [05 Mei 2019].

Yahya, F., & Fitriyanto, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Pada Materi Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 136-141

Yamarwansyah, W. (2011).Efektifitas Penggunaan Laboratorium Fisika Dalam Menunjang Kegiatan Praktikum di Sma Se-Kabuaten Lombok Tengah, 2011.

Yuliani, H., Sunarno, W., & SuparmI (2012). Pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari sikap ilmiah dan kemampuan analisis, http://jurnal.pasca.uns.ac.index.php/ink/artcle/view/150, 14 Mei 2020.

Zacharia, C.Z & Jong, D.T. (2014). One Specific Advantage for Virtual Laboratories That May Support the Acquisition of Conceptual Knowledge is That Reality Can Be Adapted to Serve the Learning Process. Reality Can Be Simplified by Taking Out Details. Cognition and Instruction, Vol. 32. No. 2, pp. 101-158.

University of colorado boulder. 2014. More About PhET Design. (Offline), tersedia: http://phet.colorado.edu/en/about. [03 Mei 2019].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Printed ISSN (p-ISSN): 2502-3861
Online ISSN (e-ISSN):2715-551X

Our Journal has been Indexed by: 
 

    Smiley face   Smiley face 

About license:

Creative Commons License
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika by Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.    Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI 

Penerbit:

Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jipfi@uho.ac.id