Analisis Strategi Penanganan Keluhan Konsumen Indihome Pada PT. Telkom Cabang Kota Kendari
Abstract
Berdasarkan temuan penelitian ini, Plasa Telkom Kendari telah menerapkan strategi untuk mengatasi keluhan konsumen yang meliputi empati terhadap pelanggan yang tidak puas, kecepatan dalam menjawab keluhan, keadilan dalam menyelesaikan keluhan, dan kemudahan menghubungi perusahaan. Dimana empati sangat penting dalam menjalin hubungan baik dengan konsumen, menjalankan program penanganan pengaduan sesuai SOP perusahaan agar penanganan dapat dilakukan dengan cepat, keadilan mengacu pada kontrak berlangganan antara Telkom Kendari Plaza dengan konsumen dan penyediaan Call center dan media sosial oleh Plasa Telkom Kendari yang dapat memudahkan perusahaan menghubungi konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdilla, S. (2020). Tinjauan Atas Penanganan Keluhan Pelanggan Indihome Pada Pt. Telkom Bogor.
Andriana, F. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Fiber Di Pt. Telkom Divisi Regional Iii Home Service Ii Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Chrisna, Ferdyan Chandra dan Yessy Artanti. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Nganjuk). Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 1 Nomor 4 Juli 2013.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media
David, F. R. (2011). Strategic Management, Buku 1. Jakarta: Edisi 12.
Deandra, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome (Survey pada Plaza Telkom Rawamangun) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Diapinsa Gema Zakaria. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 4
Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Greenberg. Paul. (2010). CRM at the spedd of light : Social CRM Strategies, Tool,and Techniques for Engaging Your Customer. (4th edition). New York: McGraw-Hill, Inc.
Hamel, & Prahalad. (1995). Management. New Delhi: Tata McGraw Hill.
Irene, D.S., 2009, Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan, Yogyakarta, Nuha Medika.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Rangkuti, Freddy. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Robbins, P. Stephen dan Mary Coulter. (2014). Manajemen, diterjemahkan oleh Bob Sabran, Wibi Hardani. Erlangga:Jakarta.
Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fitriani Fitriani, Adrian Adrian, Yusnita Yusnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Universitas Halu Oleo Kendari |