SISTEM PEMBERIAN INSENTIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. HASJRAT ABADI YAMAHA CABANG KENDARI

Sahzir Sahzir, Muhammad Amir, Arifin Utha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemberian insentif dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari. Adapun yang menjadi informan penelitian ini yaitu Manajer atau pimpinan yang ada di kantor PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari, 5 orang karyawan, 2 orang konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari dimensi Bonus Tahunan, PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari telah memberikan karyawan bonus dengan baik. Jenis bonus yang diberikan kepada karyawan marketing yaitu berupa bonus tahunan atau biasa disebut dengan bonus Privat. Bonus ini diberikan karyawan biasanya 1 tahun satu kali dan paling cepat 3 bulan sekali. Aspek yang di perhitungkan dalam pemberian bonus tahunan yaitu dilihat dari target penjualan apakah selama ini karyawan memenuhi target atau tidak, dilihat juga dari segi pembukuan bagian keuangan apakah karyawan selalu tepat, cepat dan keakuratan pembuatan dan pengiriman laporan kekantor pusat. Dan juga dilihat dari masalah tata tertib karyawan baik absensi kehadiran, kemudian masalah etitut karyawan itu sendiri. Dari dimensi Insentif Langsung Dari hasil wawancara kepihak perusahaan bahwa jenis insentif langsung yang diberikan kepada karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari yaitu berupa Uang bensin, dan Jaminan Celakaan atau BPJS. Untuk jumlah insentif langsung yang diberikan karyawan itu tergantung berapa banyak karyawan melakukan penjualan. Aspek yang di perhitungkan dalam pemberian insentif langsung yaitu: dilihat dari produktifitas karyawan seperti kinerjanya dalam sebulan apakah sangat baik atau tidak. Kemudian dari dimensi Insentif Individu, Pemberian insentif diberikan pada tiap bulan bersamaan dengan gaji bulanan karyawan, yang dimana perusahaan melihat berapa jumlah nyunit karyawan melakukan penjualan selama satu bulannya.Kinerja karyawan di PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari dalam segi kualitas kerja yang dilakukan karyawan itu sangat memuaskan dikarenakan kebanyakan karyawan yang bagian marketing itu bersemangat melakukan penjualan untuk mendapatan insentif yang di berika perusahaan. Dari beberapa karyawan menyatakan bahwa dengan adanya pemberian insentif mereka lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen. Mereka juga selalu tepat waktu dalam melakukan penjualan, Karyawan marketing selalu berkomitmen dengan adanya insentif sehingga mereka melakukan yang terbaik atau profesional kepada konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pemberian insentif kepada karyawan PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari ditemukan bahwa dalam pelaksanaan pemberian insentif sudah dalam tahap yang baik sesuai dengan peraturan yang telah mereka tetapkan. mereka menunjukan bahwa insentif sangatlah bisa memberikan mereka motivasi dalam bekerja, karena karyawan merasa terbantu dengan adanya insentif dalam memenuhi kebutuhan mereka.

   

Keywords


Sumber Daya Manusia, Insentif, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Rivai,i 2011. Insentifu menuruti parai ahli.htmli(http://adaddanuarta.blogspot.com/21).

---------,uVeithzal. 2004, iManajemen Sumberi Dayai Manusia Darii Teorii Kei Praktik. PT. Rajai Grafindo iPersada. Jakarta.

Robbins,u 2006, Perilakui Organisasi, Edisiu 10, PT. Indeksi Kelompoki Gramedia.

Saryono,u2010. Metode Penelitiani Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.

Siregar,iSyofian. 2013. Metodei Penelitiani Kuantitatif;Dilengkapi Dengani Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.iSofyandi, 2009. Pengertiani manajemeni sumberu daya manusiai menurut para ahli.html (https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/07/25,).

Sugiyono, i2009, Metodei Penelitiani Kuantitatif, Kualitatifi dan R&D, Bandung : Alfabeta.Viky Syahputra (2018), dalami penelitiannyai yangi berjudul “Pengaruhi insentifi dani kepuasani kerjai terhadapi kinerja karyawan i( studii padai driveri grabi bandungi timur)”.

Jurnal :

Gina Kamelia (2019) “Pengaruh Insentif Dan Tunjangan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Seabreez Indonesia”.

Imam Ghozali Mustafa (2012)” Studi Tentang Pemberian Insentif Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur”.

Marianus Subianto (2016), “Pengaruh Gaji Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Serba Mulia Auto Di Kabupaten Kutai Barat”.

Merisa Oktaria dan Rinto Alexandro (2020), Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Dealer Honda Utama Putra Di Pangkalan Bun”

Muhammad Haidar (2020) “Analisis Pemberian Insentif Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Cv. Tiga Jaya”.

Muhammad Subki (2015), dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Guru di SMK Islamiyah Ciputat”.

Umi Wahidatul Lailiyah, Tri Harsini Wahyuningsih (2019) “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Driver Grab-Bike Kabupaten Banjarnegara”.

Yunita Sari M. Al Musadieq (2018), Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Karyawan PT Pertamina Geothermal Energy Kantor Pusat Jakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sahzir Sahzir, Muhammad Amir, Arifin Utha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.