Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Tipe Pictorial Riddle dengan Strategi Heuristik Vee Terhadap Kemampuan Spasial Peserta Didik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee terhadap kemampuan spasial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan menggunakan metode quasy experimental design. Sampel yang digunakan sebanyak 90 peserta didik yang diambil dengan teknik acak kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji barlett. Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi satu jalan sel sama. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee terhadap kemampuan spasial peserta didik. Berdasarkan hasil uji lanjut yang menggunakan uji scheffe, diperoleh hasil bahwa tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle menggunakan strategi heuristik vee dengan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle terhadap kemampuan spasial peserta didik, terdapat pengaruh yang berbeda antara model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle menggunakan strategi heuristik vee dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial peserta didik, terdapat pengaruh yang berbeda antara model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial peserta didik.
Keywords
Full Text:
UNDUHReferences
Al-Tabany, & Badar, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013. Jakarta: Preanadamedia Group
Asis, M., Arsyad, N. & Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 3(1), 78–87. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1320
Astuti, E., Sari, P. P. & Kurniasih, N. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Karakter Belajar Siswa. EKUIVALEN – Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.982
Farida. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic Vee Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs Guppiibabatan Lampung Selatan Tahun Pelajaran. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6(2), 111–20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.22.
Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw). Infinity Journal 1(2), 178–85. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p178-185
Hasan, S. N. (2014). Konsep Dasar Matematika Untuk Pgsd. Cet. 1. Lampung: Aura Printing & Publishing.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Cet. 1. Jakarta: Bumi Aksara.
Kristianingsih, D. D., Sukiswo, S. E. & Khanafiyah, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1095
Kurniasih, I. & Sani, B. (2017). Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran Implementasi Dan Praktek Dalam Kelas. Cet. 1. Jakarta: Kata Pena
Pahrudin, A., Syafril, S., Zahro, R., Handoko, A., Yaumas, N E. & Iksan, Z. H. (2019). Development Of Islamic Value-Based Picture In Biology Learning With The Isi-Are Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 4(2), 237–46. https://doi.Org/10.24042/tadris.v4i2.4668
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–10. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35
Sugiarni, R., Alghifari, E. & Ifanda, A. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1), 93–102. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no1.2018pp93-102
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cet. 26. Bandung: Alfabeta
Suhada, H. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dasar 8(2), 13–24.
Suhyanto, O. & Musyrifah, E. 2016. Pengaruh Strategi Heuristik Vee Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2(2), 40–57. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.40-57
Syutaridho. (2016). Mengontrol Aktivitas Berpikir Kritis Siswa Dengan Memunculkan Soal Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Rafa 2(1), 31–40.
Usman, A., Fauzi, A., Karnasih, I. & Mujib, A. (2020). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Berbahan Pipet. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 321-330. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.999
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Ed. 1 Cet. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Salim, L., Argentin, G.A, Gui, M., & Stanca, L. (2016). The Impact Of Digital Skills On Educational Outcomes: Evidence From Performance Tests. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 137–162. http://dx.doi.org/10.1080/03055698.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860