Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Zamsir Zamsir, Hasnawati Hasnawati, Nurhikmawati Nurhikmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiskemampuan komunikasi matematis siswa.Indikator komunikasi matematis yang diselidiki terdiri: 1) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa/simbol matematika, 2) memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan, maupun dalam bentuk visual lainnya, dan 3) menyatakan masalah atau peristiwa sehari-hari dalam bahasa model matematika.Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kendari pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, pemberian tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIJ SMP Negeri 5 Kendari. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) subjek pada kategori tinggi mempunyai kemampuan yang baik, diantaranya mampu menjelaskan hasil jawaban dengan simbol-simbol matematika; mampu memahami masalah soal; mampu menyatakan suatu situasi kedalam model matematika; (2) subjek pada kategori sedang mempunyai kemampuan komunikasi kurang mampu menuliskan simbol-simbol matematika; mampu memahami soal; belum mampu menyatakan suatu situasi kedalam model matematika; (3) subjek pada kategorirendah mampu menjelaskan hasil jawaban dengan simbol-simbol matematika; kurang mampu memahami situasi yang diperoleh dari soal sehingga menghambat mereka mengemukakan ide-ide matematisnya; dan belum mampu mendeskripsikan dalam menyatakan suatu situasi kedalam model matematika.


Keywords


analisis kemampuan; komunikasi matematis; pembelajaran matematika.

Full Text:

UNDUH

References


Amaludin. (2012). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep (Concept Attaintment) Dan Pembelajaran Konvensional. (Universitas Halu Oleo)

Endriani, Y., Mirza, A. & Nursang, A. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Komunikasi Matematis. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(11), 2-14. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i11.22860

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Hendriana. & Soemarno. (2014) Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H. & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1). http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Khadijah, I. N. A., Maya, R. & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095-1104. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1095-1104

Mulyasa. (2013). Pengeembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

NCTM. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Student In The Metter Algebra Based NCTM. IOSR Journal of Mathematica, (IOSR-JM), 13(1).

Putri, D. K. & Rochmad. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Muhammadiyah Pangkalan Bun Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Model Knisley. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 134-138. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44982

Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Qomariyah, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik. Tidak diterbitkan (Universitas Terbuka Jakarta)

Suhaedi, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, 10(2), 191-202.

Sumantri, M S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

TIMSS. (2015). Mathematics Framework. Retrieved November 20, 2020, from https://timss.bc.edu/timss2015/downloads/T15_Frameworks_Full_Book.pdf

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1),1-9

Wandi, S., Nurharsono, T. & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Pysical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524-535. https://doi.org/10.15294/active.v2i8.1792

Wardhana, I. R. & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 173-184. 10.30738/.v6i2.2213

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N. & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1), 97-104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860