Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gender

La Misu, Hasnawati Hasnawati, Zulfaidil Zulfaidil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh model pembelajaran hermeneutika terhadap kemampuan Penalaran matematis, (2) apakah ada pengaruh gender terhadap kemampuan Penalaran matematis, dan (3) apakah ada interaksi antara penggunakan model pembelajaran hermeneutika dan gender terhadap kemampuan Penalaran matematis. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 01 Bombana tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kemudian, dipilih 2 kelas sebagai kelas sampel, yakni kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Hermeneutika dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Make a match. Desain penelitian menggunakan Factorial Design 2 × 4. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan penalaran matematis berbentuk soal uraian, angket gender dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran hermeneutika dan model pembelajaran make a match terhadap kemampuan penalaran matematis. Hal didasarkan dari analisis data diperoleh , (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara gender terhadap kemampuan penalaran matematis. Hal didasarkan dari analisis data diperoleh , dan (3) tidak ada efek interaksi yang signifikan antara model pembelajaran hermeneutika dan model pembelajaran make a match ditinjau dari gender terhadap kemampuan penalaran matematis. Hal didasarkan dari analisis data diperoleh  


Keywords


gender; hermeneutika; make a match; penalaran matematis.

Full Text:

UNDUH

References


Afandi, A. (2016). Profil Penalaran Deduktif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Apotema, 2(1), 1-14.

Alifin, R., Kodirun. & Ikman. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP Negri 5 Kendari Ditinjau dari Perspektif Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 155-168. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7407

Fatima, S. (2008). Stereotypes and Women in Moroccan Culture. Cadernos Pagu: 30, 11-32.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E. & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurniawaty, A. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pesisir Konawe Utara Ditinjau dari Perbedaan Gender. Tesis. (Universitas Halu Oleo).

Lestari, N., Hartono, Y. & Purwoko. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81-95. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3284.81-95

Misu, L., Hasnawati. & Rahim, U. (2019). Analysis of Mathematical Abilty Based on Gender. Journal of Physics: Conference Series.

1088/1742-6596/1188/1/011004

Nachiappan, S., Andi, H. K., Subbramaniam, S. & Veeran, V. P. K. (2012). Factors that Motivates the Teacher Trainees of Theacher Training Institutions to Possess an Excellent Personality throught Hermeneutic Analysis Method. Journal of Educational and Development Psychology, 2(2), 97-104.

5539/jedp.v2n2p97

OECD. (2007). Annual Report 2007. USA: OECD-PISA

Palmer, R. E. (2003). Hermeneutika Teori Baru Mengenai Interpretasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pambudiono, A., Zubaidah, S. & Mahanal, S. (2014). Perbedaan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang Berdasarkan Jender dengan Penerapan Strategi Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya.

Rukmini, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saidi, A. I. (2008). Hermeneutika, Sebuah Cara untuk Memahami Teks. Jurnal Sosioteknologi, 13(7), 2.

Sari, N. K. (2019). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Konawe Selatan dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended. Skripsi. (Universitas Halu Oleo).

Setiawan. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Itqan, 6(2), 1-16.

Suendang, T. (2017). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Perspektif Gender Melalui Pendekatan Open-Ended di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Skripsi. (Universitas Islam Negeri Raden Fatah).

Sugiharto. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarmo, U. (2017). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, FPMIPA UPI.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10.

TIMSS. (2011). International Results in Mathematics. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Widodo, S. A. (2008). Metode Hermeneutik dalam Pendidikan. Jurnal UNISIA: 31(70), 322-332. 10.20885/unisia.vol31.iss70.art2

Zakiah, I. &Kusmanto, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 32-42. 10.24235/eduma.v6i1.1660


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860