PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PT. HOFFMEN ENERGI PERKASA DESA WAWATU KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN

La Tober, Irfan Ido, Wahab Wahab

Abstract


Aktivitas produksi yang dilakukan oleh perusahaan memiliki dampak terhadap masyarakat disekitarnya, baik positif maupun negatif. Interaksi antara perusahaan dan masyarakat merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindarkan karena mereka berada dalam lingkungan yang sama. Pandangan atau tindakan masyarakat sekitar perusahaan dapat mempengaruhi keberlanjutan keberadaan sebuah perusahaan di wilayah tertentu. Pandangan masyarakat terkait peluang kerja terjadi pada Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan persepsi masyarakat Desa Wawatu tentang peluang kerja masyarakat terhadap aktivitas tambang PT. Hoffmen Energi Perkasa. Metode analisis data dengan menggunakan skala likert, dengan jumlah populasi 80 kepala keluarga sebagai responden. Hasil penelitian menunjukan persepsi masyarakat  di Desa Wawatu terhadap keberadaan  PT. Hoffmen Energi Perkasa adalah cukup terbuka dalam hal  membuka peluang kerja bagi masyarakat Wawatu. Sedangkan persepsi masyarakat terhadap peran perusahaan bagi usaha-usaha lokal masyarakat adalah tidak begitu memiliki andil dalam ikut membantu usaha masyarakat.


Full Text:

PDF PDF Remote

References


. Arifin, H.S., Fuady, I., dan Kuswarno, E., 2017, Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21 (1). P.90-91.

. Ayu, K.F.S., Harafah, L., dan Millia, H., 2016, Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Pertambangan Nikel Di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali, Jurnal Ekonomi (JE), 1(1). P.137-138.

. Klasibin, J.A., Pakasi, C.B.D., dan Talumingan, C., 2018, Persepsi Masyarakat terhadap Dampak Sosial Ekonomi dari Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Pt. Henrison Inti Persada Kabupaten Sorong Papua Barat, Agri-SosioEkonomi Unsrat, , 14 (1), ISSN 1907– 4298. P.332.

. Nugraha, U., 2015, Hubungan Persepsi, Sikap dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi, Jurnal Cerdas Sifa, 1 (1). p.4.

. Pinaryo, 2014, Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo terhadap Program Kewirausahaan Mahasiswa, Jurnal Aristo, 2 (2). P.56-57.

. Winardi, Priyarsono, D.S., Siregar, H., dan Kustanto, H., 2019, Peranan Kawasan Industri dalam Mengatasi Gejala Deindustrialisasi, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 19 (1), p-ISSN 1411-5212; e-ISSN 2406-9280. P.87.

. Zenda, R.H., dan Suparno, 2017, Peranan Sektor Industri terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Surabaya, Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2 (1), p.371-384. p.372-373.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editor:

Jurusan Teknik Pertambangan-Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Halu Oleo

Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Andounohu

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jristam/index
E-mail: jristam@uho.ac.id