Kualitas Fisik dan Kimia Silase Kombinasi Tebon Jagung (Zea mays) dan Kalopo (Calopogonium mucunoides) dengan Penambahan Asam Laktat pada Level yang Berbeda

Yusril Mahenra, Ali Bain, Widhi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik dan kimia silase kombinasi tebon jagung (Zea mays) dan kalopo (Calopogonium mucunoides) dengan penambahan asam laktat pada level yang berbeda. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) untuk menguji 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diaplikasikan yaitu penggunaan asam laktat 0% (P1), 1% (P2), 2% (P3), dan 3% (P4), sehingga terdapat 16 unit percobaan. Parameter yang diamati adalah kualitas fisik meliputi warna, aroma dan tekstur serta kualitas kimia meliputi pH, bahan kering, protein kasar dan nilai fleigh. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan asam laktat pada level yang berbeda silase kombinasi tebon jagung (Zea mays) dan Kalopo (Calopogonium mucunoides) efektif menurunkan pH dengan hasil terbaik terdapat pada P4 (3,82), perlakuan tidak mempengaruhi kaandungan protein kasar dengan hasil terbaik terdapat pada P3 (12,97), mempertahankan kandungan bahan kering dengan hasil terbaik terdapat pada P3 (26,05) serta menghasilkan nilai fleigh yang sangat baik pada P4 (108,15).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Ruang Sistem Informasi, Gedung Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo.
Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.
Telp/fax: (+62-401-3190791)

 

JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo), with registered number 2548-1908 (online)


Creative Commons License
JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.