Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Sri Debi, Kadir Kadir, La Masi, Salim Salim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Napabalano; dan (2) mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Napabalano. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Napabalano Tahun Ajaran 2019/2020 semester genap. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-E sebanyak 29 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dengan kriteria: (1) siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; (2) kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa berupa kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (3) siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran bersangkutan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel yang meliputi kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel, yaitu: kurangnya pengetahuan siswa mengenai materi prasyarat sistem persamaan linear dua variabel, kurangnya pemahaman konsep siswa, dan siswa tidak dapat menyusun langkah-langkah yang sistematis dalam menyelesaikan soal.


Keywords


analisis kesalahan; hasil jawaban siswa; sistem persamaan linear dua variabel

Full Text:

DOWNLOAD

References


Ahmad, H. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Geometri pada Siswa Kelas X.MIA1 Semester II SMA Negeri 5 Kendari. (Universitas Halu Oleo).

Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213-225. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11897

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dewi, R., Lambertus, & Hafiludin S. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 57-71.

Hartono. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kendari. (Universitas Halu Oleo).

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Samsinar. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. (Universitas Halu Oleo).

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, S., Kadir, & Arapu, L. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Dimensi Tiga pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 3(2) 104-117.

Umam, M. M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(1), 131-134

Yulia, R., Fauzi, & Awaluddin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 124-131


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)