Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Yuni Shara Yono, Sri Yuliani M, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media kartu angka di Kelompok A RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan analisis data dari hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 78,57%. Aktivitas belajar anak didik siklus I persentase ketercapaian sebesar 78,57%. Hasil belajar anak dalam peningkatan kemampuan kognitif melalui media kartu angka diperoleh persentase ketercapaian pada siklus I sebesar 66,66%. Analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketercapaian  sebesar  92,85%. Hasil aktivitas belajar anak didik siklus II diperoleh persentase ketercapaian menjadi 92,85%. Hasil belajar anak dalam peningkatan kemampuan kognitif melalui media kartu angka diperoleh persentase ketercapaian pada siklus II sebesar 86,67%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan pada hasil belajar anak dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media kartu angka sebesar 20,01%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui media kartu angka di Kelompok A RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari.

Keywords


Kemampuan kognitif; media; kartu angka.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Astuti, A. (2016). Peningkatakan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 90-99.

Ayu, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 161-172.

Dewi, A. R. T., & Kusumah, R. (2018). Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 46-57.

Fauziddin, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melaui Kegiatan Membilang Dengan Metode Bermain Media Kartu Angka. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 1(2), 60-70.

Haslana, I., & Wirastania, A. (2017). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Kartu Angka Pada Taman Kanak Kanak Kelompok A. Wahana: Tridharma Perguruan Tinggi, 69(2), 61-66.

Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 86-91.

Mukhlisah, A. M. (2015). Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia: Studi Kasus pada MI Pangeran Diponegoro Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 243-268.

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 160-171. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p160-171

Partini. (2010). Pengantar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. (2013). Penerapan pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu angka bergambar dapat meningkatkan perkembangan kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1-10.

Pudjiati S.R.R & Masykouri Alzena. (2015). Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.

Salim, S., Abubakar, S. R., Hindaryatiningsih, N., Darnawati, D., Irawaty, I., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pengembangan Kreativitas Guru PAUD Melalui Kerajinan Tangan Dengan Teknik Decoupage. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(2), 34-41.

Ulfa, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Dwp Klampok Benjeng Gresiktahun Pelajaran 2015/2016. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 72-79.

Wulandari, P. D., Wirya, N., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2014). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)