Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

Ragil Dian Purnama Putri, Tiara Nurhayati, Muhammad Dhori

Abstract


Pandemi Covid-19 sangat berdampak signifikan pada pendidikan di Indonesia, sehingga harus menerapkan Belajar Dari Rumah (BDR) untuk mengurangi penambahan kasus COVID-19 pada lingkungan pendidikan. Akibatnya pembelajaran tematik pada sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah kurang maksimal, namun harus tetap dilaksanakan. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang implementasi pembelajaran tematik sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah di masa pandemi COVID-19 dengan mengoptimalkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK). Metode penulisan yang digunakan adalah kajian kepustakaan terhadap beberapa kajian ilmiah maupun teori sebelumnya yang sudah diungkapkan oleh para ahli dalam buku maupun artikel ilmiahnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran daring atau BDR dilakukan dengan memanfaatkan TIK. Hal tersebut dilakukan agar pembelajaran tematik dapat tersampaikan oleh siswa pada saat situasi pandemi COVID-19. Adapun cara yang digunakan oleh guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang telah tersedia dari internet. Adapun aplikasi dalam menunjang proses belajar mengajar yaitu melalui Google Classroom, WhatsApp Group, Zoom, dan Youtube.

Keywords


belajar dari rumah; covid-19; pembelajaran tematik; TIK.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107-115.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11-21.

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia. Direktorat Pembelajaran Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi: Jakarta.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.

Istiningsih. (2017). Empowerment of Teacher in Implementing Thematic Learning Method. Jurnal of Education and Practice, 8(3), 64-70.

Juniayanti, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa SD. Widya Accarya, 10(2), 1-9.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Safitri., Eka, N. & Putri, R. G. D. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi-Pasca Pandemi COVID-19: Kolaborasi Sekolah dan Keluarga. The 2nd Seminar on Population, Family and Human Resources, 55-63.

Salam, M. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 198-212.

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94-101. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667

Yusrina, H., Yamtinah, S., & Rintayati, P. (2018). Implementation of Thematic Learning on Curriculum 2013 in 4th Grade Elementary School. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2, 2-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)