Archives

2017

Vol 4, No 2 (2017): JOURNAL OF FISHERY BUSINESS

JURNAL BISNIS PERIKANAN, memuat artikel yang berkaitan dengan aspek bisnis perikanan dan kelautan,  manajemen usaha perikanan dan kelautan (finansial, kebijakan usaha, pemasaran hasil perikanan dan aspek teknis fungsional), ekonomi sumberdaya perairan dan lingkungan, teknik pemberdayaan masyarakat perikanan dan kelautan, serta yang berkaitan dengan kebijakan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perairan dan lingkungannya dari sudut pandang ekonomi.

2016

Vol 3, No 2 (2016): Journal of fishery business

JURNAL BISNIS PERIKANAN, Volume 3 Nomor 2 edisi Oktober 2016 ini memuat tulisan dari para peneliti yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Universitas Sembilanbelas November (USN), Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan Universitas Halu Oleo (UHO). Artikel yang dimuat akan menarik minat pembaca karena secara ringkas dan jelas membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis perikanan. Artikel-artikel yang termuat pada volume 3 nomor 2 ini berkaitan dengan optimalisasi perkembangan ekonomi maritim, peningkatan nilai tambah produk perikanan yaitu kerupuk ikan, analisis rumah tangga nelayan mini purse seine, kelembagaan kawasan konservsi berbasis masyarakat, pengembangan usaha wanita nelayan, kenaikan harga BBM, rantai nilai ikan tuna fillet, peningkatan kemandirian berwirausaha nelayan lobster laut, serta nilai tukar dan daya saing.


2017

Vol 4, No 1 (2017): Journal of fishery business

JURNAL BISNIS PERIKANAN, memuat artikel yang berkaitan dengan aspek bisnis perikanan dan kelautan,  manajemen usaha perikanan dan kelautan (finansial, kebijakan usaha, pemasaran hasil perikanan dan aspek teknis fungsional), ekonomi sumberdaya perairan dan lingkungan, teknik pemberdayaan masyarakat perikanan dan kelautan, serta yang berkaitan dengan kebijakan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perairan dan lingkungannya dari sudut pandang ekonomi.


2016

Vol 3, No 1 (2016): Journal of fishery business

JURNAL BISNIS PERIKANAN (JBP), Volume 3 Nomor 1 April 2016 ini memuat tulisan para peneliti  dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain dari Universitas Muhammadiyah Kendari, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Halu Oleo Kendari. Artikel yang dimuat akan menarik minat pembaca karena secara ringkas dan jelas membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis perikanan. Artikel-artikel yang termuat pada Volume 3 Nomor 1 ini berkaitan dengan implementasi CSR pada perusahaan perikanan, nilai tambah pelaku bisnis, valuasi ekonomi, kesesuaian pemanfaatan wilayah perairan, Nilai Tukar Nelayan (NTN), alokasi waktu gender dan daya saing komoditi unggulan perikanan tangkap, serta potensi pengembangan industri pengolahan rumput laut menjadi bioethanol.


2015

Vol 2, No 1 (2015): Journal of fishery business

Jurnal Bisnis Perikanan Volume 2 nomor 1 april 2015 ini memuat tulisan dari para peneliti yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain dari Universitas Hasanuddin, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Halu Oleo Kendari. Artikel yang dimuat akan menarik minat pembaca karena secara ringkas dan jelas membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis perikanan. Artikel-artikel yang termuat pada volume 2 nomor 1 ini berkaitan dengan pengembangan kawasan pesisir, nilai kompensasi ekonomi terhadap pencemaran perairan, nilai tukar petani budidaya rumput laut, introduksi kapal fiberglass dan manajemen kemitraan produksi loin tuna, peran jender dalam  rumah tangga petani rumput laut, kajian rasio tingkat kesejahteraan masyarakat pulau, dan struktur biaya dan profitabilitas usaha miniplant rajungan.

2014

Vol 1, No 1 (2014): Journal of fishery business

Jurnal Bisnis Perikanan, Volume 1 Nomor 1, April 2014 memuat tulisan dari para peneliti yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain dari Universitas Muhammadiyah Pare Pare, Universitas Khaerun Ternate, dan Universitas Halu Oleo Kendari. Artikel yang dimuat akan menarik minat pembaca karena secara ringkas dan jelas membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis perikanan. Artikel-artikel yang termuat pada volume 1 nomor 1 ini berkaitan dengan performa ekonomi perikanan cakalang, analsis kelayakan usaha rumput laut, penguatan rantai stok agribisnis rumput laut, pengembangan pemanfaatan sumber daya kepulauan, analisis biaya dan manfaat sumberdaya perairan, wisata terumbu karang dan pengelolaan kawasan konservasi, serta efisiensi biaya produksi dan daya saing komoditi perikanan laut di pasar.


1 - 6 of 6 Items