PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK SWARA GENERASI KABUPATEN MUNA

Finarsi Yuningsih, Arvyaty Arvyaty, Afifah Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif anak kelompok B dalam menggunakan media flah card di TK Swara Generasi Kabupaten Muna serta untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media flash card terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Swara Generasi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan metode penelitian one group pre test-post test design. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa uji hipotesis dalam penelitian, nilai thitung mencapai 3,913 dan dengan taraf α 0,05 nilai ttabel mencapai 2,101. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > nilai ttabel sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media flash card terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri anak kelompok B di TK Swara Generasi Kabupaten Muna.

Keywords


Bentuk Geometri; Kemampuan Kognitif; Media Flash Card

Full Text:

UNDUH PDF

References


Agung, T. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Anik, Indarwati. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. Jurnal Psycho Idea ISSN, 112.

Benu. (2013). Studi Pemanfaatan Puzzle Sebagai Media Stimulasi dalam Mengenal Bentuk, warna, dan Problem Solving Pada Anak Di TK Angkasa Penfui. Kupang: Universitas Nusa Cendana. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori Dan Pengembangannya, edisi ke-1. Medan: Perdana Publishing.

Kurniawan, A. W. & Puspitaningtyas, Zarah. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Lestari K.W. (2011). Konsep Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Nasir, Muhith. & Ideputri. (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan : Konsep Pembuatan Karya Tulis dan Thesis untuk Mahasisw Kesehatan, cetakan 1. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nurwidayati, A. (2015). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Flash Card.

Rahmadani, M. & Salwiah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk Bentuk Geometri Melalui Media Play Dough. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(2). 160-161.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widianingsih, E. (2012). Pendidikan Karakter Pada Taman Kanak Kanak Kenapa Tidak?. Cakrawala Dini, 3(2). 1-11. https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10335.

Wilawati, T. W., Arvyaty, & Salim. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Pengenalan Warna Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(3). 225.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085219103516                                         

Email: goldenage@uho.ac.id