Deskripsi Kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Lompat Tali

Arni Sunarni, Dorce Banne Pabunga, Afifah Nur Hidayah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan lompat tali di kelompok A TK Wolowa Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki usia 4-5 tahun. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah dari 5 orang anak yang menjadi subjek penelitian, terdapat 2 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 25 cm pada kategori (****) atau BSB dengan persentase 40%, terdapat 2 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 20 cm pada kategori (***) atau BSH dengan persentase 40%, dan terdapat 1 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 15 cm pada kategori (**) atau MB dengan persentase 20%, sehingga disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali.


Keywords


kegiatan lompat tali; kemampuan motorik kasar; pembelajaran PAUD

Full Text:

Undul File

References


Agustina, & Halim, F. (2021). Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melui Permainan Tradisional Lompat Tali di TKM-LINA Bireuen. JUPEGU-AUD: Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 1-5.

Chasanah, H., & Komalasari, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Lompat Tali Kerat pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 4(2), 1-5.

Fadillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasi dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Fardiah., Murwani, S., & Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains. Junal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133-140. DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.254

Hasanah, N. U., Jaya, M. T. S., & Surahman, M. (2018). Bermain Lompat Tali dan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-9.

Masitha, R., Noviardila, I., & Pahruh, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional Lompat Tali di TK Kasih Ibu Padang Tarap Kampar Utara. JOTE: Journal of Teacher Education, 2(2), 35-41. https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1402

Meidina, N. F., Sulistyorini, L., & Juliningrum, P. P. (2019). Gambaran Perkembangan Motorik Kasar pada Balita Usia 1-3 Tahun dengan Stuntign di Wilayah Kerja Puskemas Sumberjambe, Jember. e-Journal Pustaka Kesehatan, 7(2), 164-170.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Akuatik. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 42-50.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 13-21.

Siswati. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melaui Lompat Tali pada Kelompok B di TK. Early Childhood Education Indoneseian Journal, 2(3), 196-199. https://doi.org/10.31934/eceij.v2i3.1001

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11(2), 173-179.

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524-535.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085219103516                                         

Email: goldenage@uho.ac.id