Deskripsi Kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Lompat Tali
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan lompat tali di kelompok A TK Wolowa Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki usia 4-5 tahun. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah dari 5 orang anak yang menjadi subjek penelitian, terdapat 2 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 25 cm pada kategori (****) atau BSB dengan persentase 40%, terdapat 2 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 20 cm pada kategori (***) atau BSH dengan persentase 40%, dan terdapat 1 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 15 cm pada kategori (**) atau MB dengan persentase 20%, sehingga disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali.
Keywords
Full Text:
Undul FileReferences
Agustina, & Halim, F. (2021). Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melui Permainan Tradisional Lompat Tali di TKM-LINA Bireuen. JUPEGU-AUD: Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 1-5.
Chasanah, H., & Komalasari, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Lompat Tali Kerat pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 4(2), 1-5.
Fadillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasi dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Fardiah., Murwani, S., & Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains. Junal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133-140. DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.254
Hasanah, N. U., Jaya, M. T. S., & Surahman, M. (2018). Bermain Lompat Tali dan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-9.
Masitha, R., Noviardila, I., & Pahruh, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional Lompat Tali di TK Kasih Ibu Padang Tarap Kampar Utara. JOTE: Journal of Teacher Education, 2(2), 35-41. https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1402
Meidina, N. F., Sulistyorini, L., & Juliningrum, P. P. (2019). Gambaran Perkembangan Motorik Kasar pada Balita Usia 1-3 Tahun dengan Stuntign di Wilayah Kerja Puskemas Sumberjambe, Jember. e-Journal Pustaka Kesehatan, 7(2), 164-170.
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Akuatik. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 42-50.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 13-21.
Siswati. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melaui Lompat Tali pada Kelompok B di TK. Early Childhood Education Indoneseian Journal, 2(3), 196-199. https://doi.org/10.31934/eceij.v2i3.1001
Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11(2), 173-179.
Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524-535.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penerbit
Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085219103516
Email: goldenage@uho.ac.id