BENTUK KOMUNIKASI PENDATANG TERHADAP MASYARAKAT LOKAL (Studi di Desa Langkowala Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan

muhammad Mursyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk Komunikasi Pendatang Terhadap Masyarakat Lokal di Desa Langkowala Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori komunikasi antar budaya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Langkowala Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling (secara sengaja) yaitu informan dipilih berdasarkan tujuan dan kebutuhan peneliti, dengan pertimbangan bahwa informan mampu memberikan keterangan terhadap permasalahan yang diteliti dengan jumlah informan sebanyak 11 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis  dengan menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses komunikasi pendatang terhadap masyarakat lokal di Desa Langkowala, bentuk komunikasi interpersonal dan kelompok digunakan oleh pendatang sehingga terjadi proses komunikasi interpersonal dan kelompok dalam konteks antar budaya dalam masyarakat Desa Langkowala untuk melakukan setiap kegiatan sehari-harinya dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup yang berupa : kerjasama dalam membangun sarana umum seperti perbaikan jalan dan jembatan, sikap toleransi dan saling membantu, memberi apabila mengalami kesulitan dan saling memahami perbedaan budaya.         

Kata Kunci: Komunikasi Pendatang Masyarakat Lokal, antar budaya


Full Text:

La Ode Umran, Joko

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





About license:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. 

Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232

WA : 087843836544Email : feralawata@gmail.com