Analisis Kandungan Nitrat Phospat dan Amonia di Kawasan Taman Edukasi Mangrove Demang Gedi Kabupaten Purworejo

Mahardika Nur Permatasari, Any Kurniawati, Hery Irawan

Abstract


Kawasan Taman Edukasi Mangrove Demang Gedi di Kabupaten Purworejo adalah ekosistem mangrove yang penting secara ekologis dan pendidikan. Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisis kandungan nitrat, fosfat, dan amonia dalam kawasan ini. Sampel air diambil secara acak dari beberapa titik di kawasan mangrove, dengan tiga kali perulangan di setiap lokasi. Data hasil analisis diolah menggunakan perangkat lunak statistik Orange Data Mining dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis akan digunakan untuk memahami kualitas air di kawasan mangrove ini dan dampak potensialnya terhadap ekosistem. Metode analisis mengikuti standar APHA (2005) dengan menggunakan spektrofotometer UV mini-1240. Selain itu, analisis PCA digunakan untuk memahami hubungan antar parameter perairan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan amonia umumnya berada dalam batas aman untuk biota laut, meskipun beberapa pengukuran melebihi ambang batas. Kandungan nitrat melebihi batas baku mutu air laut, yang dapat berdampak negatif pada ekosistem laut. Demikian pula, kandungan fosfat juga telah melebihi batas baku mutu yang ditetapkan. Kesimpulannya, kualitas air di Kawasan Taman Edukasi Mangrove Demang Gedi memerlukan pemantauan dan tindakan pengelolaan yang lebih ketat untuk menjaga keberlanjutan ekosistem ini. Diperlukan kerjasama antara pemangku kepentingan dan komunitas setempat untuk menjaga kelestarian kawasan ini dan mendukung program edukasi lingkungan yang berkelanjutan.

Kata Kunci: Ekosistem mangrove, kualitas air, nitrat, fosfat, amonia

Full Text:

PDF

References


Alfiani, T., Choesin, D. N., & Sofiatin. (2022). MANGROVE ECOSYSTEM MANAGEMENT STRATEGY FOR TUNDA ISLAND, BANTEN PROVINCE. Asian Journal of Aquatic Sciences, 348-364.

APHA. (2005). Inorganic Non Metallic Constituents in Standard Methods for the Examination of Water and Wastewater. A.D. Eaton, L.S. Clesceri, E.W. Rice, A.E. Greenberg (Eds.) 21st ed: American Public.

Devlin, M., & Brodie, J. (2023). Nutrients and Eutrophication. Springer: Marine Pollution—Monitoring, Management and Mitigation, 75-100.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 85-114.

Hamuna, B., Tanjung, R. H., Suwito, & Maury, H. K. (2018). KONSENTRASI AMONIAK, NITRAT DAN FOSFAT DI PERAIRAN. EnviroScienteae, 8-15.

Hendrayana, Raharjo, P., & Samudra, S. R. (2022). Komposisi Nitrat, Nitrit, Amonium dan Fosfat di Perairan Kabupaten Tegal. Journal of Marine Research, 277-283.

Makarim, N. (2004, 04 08). Baku Mutu Air Laut. Retrieved from Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 51 Tahun 2004: https://ppkl.menlhk.go.id/website/filebox/824/191009100640Keputusan%20MENLH%20Nomor%2051%20tahun%202004%20%20tentang%20Baku%20Mutu%20Air%20Laut.pdf

Soedarmo, S. P. (2018). Pelestarian Hutan Mangrove dan Peran Serta Masyarakat Pesisir. Semarang: Undip Press.

Taillardata, P., Zieglera, A. D., Friessa, D. A., Widoryb, D., Davidc, F., Ohted, N., . . . Marchand, C. (2019). Assessing nutrient dynamics in mangrove porewater and adjacent tidal creek using nitrate dual-stable isotopes: A new approach to challenge the Outwelling Hypothesis? Elsevier: Marine Chemistry, 1-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN : 2503 - 0396