Petunjuk Penulisan

Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia. Jurnal Sapa Laut dapat diakses secara online di http://ojs.uho.ac.id/index.php/JSL
Naskah yang diterima adalah naskah yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional lainnya.
Penulis harus mengacu petunjuk penulisan di bawah ini ketika mempersiapkan naskah.

FORMAT NASKAH
Agar naskah dapat dipublikasikan, penulis diharapkan mengikuti format standar Jurnal Sapa Laut. Naskah diketik pada satu sisi kertas A4 dengan margin 4 sisi 2 cm, satu kolom, huruf Times New Roman font 11 dengan nomor halaman secara berurutan. Naskah diketik dengan program Microsoft Word (doc.). Tabel dan gambar disajikan di bagian akhir naskah pada lembaran terpisah. Gambar (format JPEG), grafik dan tabel (Microsoft Excel) perlu disertakan dalam file terpisah untuk mempermudah proses editing. Naskah berupa soft file juga dapat dikirimkan melalui e-mail: jsapalaut@gmail.com.

DETAIL URAIAN NASKAH BAGIAN

Judul.
Judul harus dengan jelas menggambarkan isi naskah, ringkas, informatif dan tidak lebih dari 20 kata. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Penulis.
Dicantumkan semua penulis dengan nama lengkap (tidak ada singkatan). Penulis harus menunjukkan lembaga afiliasi dengan alamat dan email yang jelas.

Abstrak.
Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimum 200 kata. Abstrak berisi uraian singkat pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metode, hasil dan kesimpulan. Dibawah paragraf abstrak dicantumkan kata kunci (Keywords) maksimal 5 kata atau frasa dalam urutan abjad. Kata kunci harus menghindari istilah umum yang menimbulkan arti multitafsir. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.

Pendahuluan.
Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul (sub-heading).

Bahan dan Metode.
Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian. Menyebutkan waktu dan tempat penelitian. Semua analisis, perlakuan, dan desain penelitian yang digunakan harus dinyatakan secara jelas dan singkat.

Hasil dan Pembahasan.
Hasil yang disajikan harus konsisten dengan tujuan penelitian. Pembahasan berisi elaborasi dari hasil penelitian dengan merujuk pada penelitian lain.

Kesimpulan.
Berisi ringkasan hasil utama dari penelitian. Ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf.

Ucapan Terima Kasih.
Ditunjukkan kepada sumber dana dan lembaga atau individu yang membantu dalam penelitian.

Daftar Pustaka.
Artikel harus berisi sekuran-kurangnya 15 rujukan/referensi (80% dari referensi primer) yang terpublikasi 10 tahun terakhir. Daftar Pustaka ditulis secara berurutan dari A ke Z dengan style American Psychological Association (APA).

Contoh penulisan daftar pustaka

Artikel jurnal:
Yanovski, R., Abelson, A. (2019). Structural complexity enhancement as a potential coral-reef restoration tool. Ecological Engineering, 132(1): 87-93
Gordon, S.E., Ngaluafe, P., Wingfield, M., Southgate, P.C. (2017). Morphometric Relationships and Shell Form of Cultured Winged Pearl Oysters (Pteria penguin) in Tonga. Journal of Shellfish Research, 36(3), 677-682.

Buku:
Christensen, C.M., 1998. The Innovator’s Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Harvard Business School Press, Boston, MA.

Buku Kompilasi (edited book):
Tuong, T. P., & Bouman, B. A. M. (2003). Rice production in water-scarce environments. In W. Kijne, R. Barker, & D. Molden (Eds.), Water productivity in agriculture: Limits and opportunities for improvement (pp. 53–67). Manila, PH: CAB International.

Prosiding seminar:
Clare, L., Pottie, G., Agre, J., 1999. Self-organizing distributed sensor networks, Proceedings SPIE Conference Unattended Ground Sensor Technologies and Applications, vol. 3713 (pp 229-237), Orlando.

Skripsi/tesis/disertasi:
Milione, M. (2011). Reproduction and Growth of the Winged Pearl Oyster, Pteria penguin (Röding, 1798) in the Great Barrier Reef Lagoon. Ph.D thesis. James Cook University. Australia.

 

Download Template :