ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU ANTARA PLAT KONVENSIONAL DAN PLAT BONDEK PADA PEMBANGUNAN FLAT DALMAS POLDA SULAWESI SELATAN

Suriati Abd. Muin, Sudarman Sudarman, Watono Watono, Adinda Quraini Setiadi, Farhan Alamsyah

Abstract


Biaya dan waktu merupakan dua faktor yang berbeda dalam pelaksanaan konstruksi. Terkadang, dalam upaya untuk mempercepat waktu pengerjaan, beberapa pihak mungkin mengabaikan biaya, sementara yang lain mungkin lebih memperhatikan efisiensi biaya. Untuk menentukan pendekatan yang tepat, diperlukan pertimbangan menyeluruh terhadap semua faktor yang mempengaruhi biaya dan waktu. Metode yang digunakan untuk melakukan analisis ini adalah dengan melakukan perhitungan langsung menggunakan aplikasi Microsoft Excel, dengan mengacu pada gambar denah aktual dari data proyek untuk mengukur dimensi, luas, dan volume bangunan. Data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam Microsoft Excel untuk dianalisis. Selanjutnya, Analisis Harga Satuan Pekerjaan dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2016 dengan menggunakan harga dasar yang telah ditetapkan. Jumlah pekerja dan biaya upah pekerja yang digunakan dalam metode plat bondek dan metode plat konvensional dianggap sama. Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya untuk pelaksanaan plat konvensional sebesar Rp.5.638.250.747,87, sementara biaya untuk plat bondek adalah Rp. 3.881.484.523,79, dengan selisih sebesar Rp. 1.756.766.224,09. Dari segi waktu, metode pelaksanaan plat konvensional membutuhkan 71 hari, sedangkan plat bondek hanya membutuhkan 41 hari. Oleh karena itu, metode pelaksanaan plat bondek lebih cepat, dengan perbedaan waktu sebesar 30 hari dibandingkan dengan metode plat konvensional.

Keywords


Plat Konvensional, Plat Bondek, Biaya, dan Waktu

Full Text:

PDF

References


Uji, A. T. (n.d.). Perbandingan Biaya Pelaksanaan Pelat Beton Pada Gedung Graha Suraco. Makasar:Universitas Hasanuddin

Fathansyah. (2002). Analisis Dan Perancangan Dalam Proyek. Prenhalindo, Jakarta.

Setiawan, A. (2021). Tinjauan Waktu Dan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan

Soeharto, Iman. (1999). “Manajemen Proyek”. Edisi Kedua. Jakarta:Erlangga

Dasinangon, A. R. R., Dundu, A. K. T., & Malingkas, G. Y. (2022). Analisis Rencana Anggaran Biaya Berdasarkan Analisa Harga Satuan Cipta Karya Tahun 2021 ( Studi Kasus : Gedung Meteorologi Kota Bitung ). 20, 595–606.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2016

Gursal, Andi Arya P; Tjakra, Jermias; Mangare, Jantje B. 2018. Analisis Efisiensi Biaya Dan Waktu Pelat Lantai Beton Bertulang Konvensional Terhadap Pelat Lantai Bondek. Manado: Universitas Sam Ratulangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suriati Abd. Muin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id