RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KUESIONER PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS HALU OLEO

Raviq Gandhu Lahadi, Statiswaty Statiswaty, Muh. Yamin

Abstract


Pengukuran kinerja dan eligibilitas merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas suatu lembaga. Data untuk pengukuran ini umumnya diambil dengan menggunakan angket atau kuesioner. Kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada orang lain yang dijadikan responden untuk dijawab. Meskipun terlihat mudah, teknik pengumpulan data melalui kuesioner cukup sulit dilakukan jika respondennya cukup besar. Selain itu, pemrosesan dan interpretasi data yang sering dilakukan secara manual juga menyebabkan metode ini membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan.

       Jurusan Teknik Informatika, Universitas Halu Oleo telah sering menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data dengan tujuan untuk peningkatan kualitas dan pengukuran kecenderungan mahasiswa (misalnya dalam pemilihan dekan). Khususnya dalam hal peningkatan kualitas, data yang dibutuhkan diantaranya adalah untuk mengukur kinerja dosen, kinerja staff, kualitas fasilitas kampu, pelayanan mahasiswa, kualitas mata kuliah, dll. Data-data seperti ini tentunya tidak akan efektif dan efisien jika diolah secara manual. Selain masalah waktu, data yang diolah secara manual rentan untuk hilang dan salah dalam penginputan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya suatu sistem informasi yang dapat mempercepat proses pengolahan data dan memberikan output yang lebih memuaskan.

 

Penelitian ini akan mengembangkan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pengolahan data kuesioner. Pengolahan data yang dimaksud dimulai dari penginputan data yang berbasis komputer dan smartphone, pemrosesan data, hingga memberikan output sesuai kebutuhan pengguna. Output yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah berupa: ukuran pemusatan data (rata-rata, median, modus, varian, persentasi peritem); dan interpretasi visual (diagram batang, garis, dan lingkaran).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id