PENERAPAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI MEUBEL WIDORO KANDANG PEMALANG

Erwin Setiawan, Adam Sekti Aji

Abstract


Perkembangan teknologi dalam keseluruhan aspek dikategorikan begitu pesat, bahkan sekarang ini dijumpakan terhadap fenomena Revolusi Industri 4.0, yakni pendayagunaan informasi dan teknologi. Implikasi dari fenomena adanya Revolusi Industri 4.0 dialami dari beragam lintas sektor tak terkecuali Meubel Widoro Kandang Pemalang. Hambatan yang dirasakan oleh Meubel Widoro Kandang Pemalang ialah menurunnya pendapatan karena aktivitas mempromosikan produk furniture masih menggunakan majalah, brosur serta katalog yang memperlihatkan produk yang bentuknya dua dimensi, menyebabkan konsumen kurang tertarik karena tidak dapat mengamati keadaan produk dalam konteks menyeluruh dan membuat konsumen harus pergi ke toko. Akan tetapi melalui dilakukannya pembuatan aplikasi media berpromosi memakai augmented reality yang basisnya android ini diekspektasikan bisa menjadi daya tarik serta pembeda supaya konsumen bisa memiliki minat terhadap produk yang didagangkan. Metode yang dipakai untuk penelitian ini yakni Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mempunyai 6 tahapan yakni perancangan, konsep, pembuatan, penghimpunan materi, distribusi serta pengujian. Resultan akhir dari penelitian yang didapatkan yakni suatu aplikasi yang mempermudah konsumen dalam melihat furniture dalam bentuk 3D yang lebih realistis dan interaktif, yang memungkinkan mereka untuk melihat furniture dari segala sudut dan mengeksplorasi detail furniture secara lebih dekat.

Kata kunci; Augmented Reality; Media Promosi; Multimedia Development Life Cycle

Full Text:

PDF

References


E. Hadiyati, “Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil,” 2010.

D. A. Pangestu, I. Fitri, and F. Fauziah, “Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Dan Promosi Universitas Nasional,” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 35–42, 2020, doi: 10.36294/jurti.v4i1.1230.

R. W. Arifin and S. D. Anwariya, “Penerapan Augmented Reality berbasis Android sebagai Media Promosi di Toko Furniture Jery Meubel,” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 20, no. 2, pp. 260–266, 2021, doi: 10.36054/jict-ikmi.v20i2.415.

R. C. Tijono, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK “ SARANA S EJAHTERA WILSON ’ S OFFICE CHAIRS ” BERBASIS ANDROID,” vol. 3, no. 4, pp. 493–502, 2015.

A. T. Saputra and N. E. Budiyanto, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Mebel Kompas Jati Jepara Berbasis Android,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 82–87, 2019, doi: 10.36499/jinrpl.v1i2.2951.

Y. Cahyaningsih, “Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android,” J. Comput. Sci. Eng., vol. 1, no. 2, pp. 90–115, 2020, doi: 10.36596/jcse.v1i2.60.

Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.

R. Hamonangan, S. Anwar, A. Bahtiar, ) Arif, and R. Dikananda, “Inovasi Media Promosi Produk Kursi Rotan Melalui Katalog Elektronik Dengan Augmented Reality,” J. Sist. Inf. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 51–59, 2022.

Juleon, “Perancangan Media Pembelajaran Videoscribe Sastra Indonesia Dengan Menggunakan Metode Mdlc,” Bitkom Res., vol. 63, no. 2, pp. 1–3, 2018, [Online]. Available: http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

Y. W. S. Putra and A. Kurniawan, “Implementasi Augmented Reality pada Produk Laptop sebagai Media Promosi Berbasis Android,” JIMP (Jurnal Inform. Merdeka …, vol. 6, no. 2, pp. 14–21, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/351%0Ahttp://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/351/131

M. R. Laiya, M. R. Katili, and A. A. Kadim, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Produk Furniture Aluminium,” … Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 22–31, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/view/19789%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/download/19789/7005

N. H. Widayaningsih and H. Handriyotopo, “Perancangan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Promosi Taman Sriwedari Surakarta,” CITRAWIRA J. Advert. Vis. Commun., vol. 1, no. 2, pp. 1–22, 2021, doi: 10.33153/citrawira.v1i2.3298.

E. A. Atmanto, B. Pudjoatmodjo, and A. Sularasa, “Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Mutiara Furniture Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 7, no. 6, pp. 3412–3419, 2021.

A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” J. Transform., vol. 14, no. 2, p. 86, 2017, doi: 10.26623/transformatika.v14i2.442.

M. Jamal and A. Susanto, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagaimedia Promosi Berbasis Android,” Univ. Dian Nusawantoro, pp. 1–8, 2012.

L. Rahman, A. Sofwan, and Y. Christyono, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Panduan Salat Berbasis Sistem Operasi Android,” e-ISSN, vol. 19, no. 2, pp. 6–11, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 semanTIK : Teknik Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id