ARSITEKTUR EVEN DRIVEN UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI CRM PADA APLIKASI E-COMMERCE

Asa Hari Wibowo

Abstract


Pandemi Covid-19 pada tahun 2019 berdampak ke segala aspek bukan hanya kesehatan tapi juga pada ranah bisnis. Covid-19 menjadi awal perubahan dimana penjual dan pembeli barang/jasa mulai jarang melakukan proses jual beli barang secara langsung, dan lebih memilih melakukan pembelian secara online karena dianggap lebih praktis dan efisien. Dampak dari hal tersebut membuat penjual/produsen lebih memilih mendirikan E-Commerce dari pada outlet/toko secara fisik. Perubahan proses jual-beli dari offline menjadi online membuat proses bisnis juga mengalami perubahan, suatu hal yang berubah adalah sistem hubungan antara penjual dan pembeli. Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu metode bisnis yang bertujuan mengelola hubungan penjual dan pembeli pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan pertukaran informasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak dengan konsumen [2]. CRM belum dapat bekerja maksimal pada aplikasi E-Commerce, hal itu dikarenakan E-Commerce kurang dapat memaksimalkan pertukaran informasi dengan konsumen yang melakukan jual-beli secara online. Penelitian bertujuan mengembangkan konsep CRM basis arsitektur Even Driven. Dengan arsitektur ini, CRM dapat bekerja maksimal dalam mendukung proses bisnis pada E-Commerce. Arsitektur ini mendukung penjualan/pemasaran produk kepada pembeli berdasarkan dari karakteristik pembeli tersebut, sehingga penjualan dan pemasaran produk dapat diberikan ke konsumen yang tepat.

Kata kunci; CRM, E-Commerce, Arsitektur Even Driven

Full Text:

PDF

References


F. Fiona and D. Rahmayanti, “Analisis Dampak Pandemi COVID-19 bagi UMKM dan Implementasi Strategi Digital Marketing pada UMKM Indonesia,” Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen ISSN, vol. 17, no. 2, pp. 298–322, 2022, doi: 10.33369/insight.17.2.298-322.

Maulana, A., Army, M., & Oktavian, K. (2020). Customer Relationship Management (CRM). https://www.researchgate.net/publication/346970593

R. Cueva, G. Rufian, and M. G. Valdes, “Designing a CRM Framework for online & offline sports footwear retailers,” “Carácter” Revista Cientifica de la Universidad Del Pacifico ISSN 2602-8476, vol. 3, no. 1, Dec. 2015, doi: 10.35936/caracter. v3i1.41.

H. Zakaria1 and A. E. Marlia2, “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall,” vol. 2, no. 2, pp. 2654–4229, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI66

A. H. Wibowo, L. Edi Nugroho and S. Sulistyo, "Data Distribution on the Goodness Behaviour System with Blackboard Based Architecture," 2019 International Conference on Information and Communications Technology (ICOIACT), Yogyakarta, Indonesia, 2019, pp. 217-221, doi: 10.1109/ICOIACT46704.2019.8938416.

E. Suryanti and S. Widjajani. (2019). “Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pelanggan Alfamart di Kabupaten Purworejo).” [Online]. Available: www.alfamartku.com

Adila, R., Januar, R., & Studiawan, H. (2022). Rancang Bangun Modul Portofolio Pegawai. Jurnal Teknik ITS, 11.

Fauzi, A., Harli, E., & Haryanto, Y. (2021). Implementasi Arsitektur Event-Driven dan Microservices untuk Mesin Vending. Jurnal Format Volume 10 Nomor 2 Tahun 2021 :: ISSN : 2089 –5615 :: E-ISSN : 2722 -7162

D. F. Sengkey, S. Egaravanda, and L. E. Nugroho, “TIS Dishub DIY: An implementation of traveler information system in special region of Yogyakarta, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., Jan. 2014. doi: 10.1109/ICITEED.2014.7007916.

Muslim, M. A., Prasetyo, B., Mawarni, eva, & Herowati, A. (2019). Data Mining Algoritma C4.5. Cetakan: Pertama, 2019, pertama (Data Mining), 1–175


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id