Fungsi Pengawasan Ombudsman dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pemerintah Kota Kendari: Sebuah Tinjauan Kualitatif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi pengawasan Ombudsman dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Daerah Kota Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan Ombudsman dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Kota Kendari belum berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tiga indikator pengawasan Ombudsman yang meliputi kegiatan penerimaan dan verifikasi laporan, pemeriksaan dan penyelesaian laporan diketahui sudah berjalan baik, tetapi untuk indikator Pencegahan Maladministrasi belum efektif dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tenggara dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Kendari.
Kata kunci : Fungsi Pengawasan, Ombudsman, Kualitas Pelayanan Publik
Kata kunci : Fungsi Pengawasan, Ombudsman, Kualitas Pelayanan Publik
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.52423/pamarenda.v3i3.47716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Editorial Office
Program Studi Ilmu Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo
Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232
Phone number: 082251053573
About license:
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/pamarenda/index