Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar  memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah dasar

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel yang dikirim ke Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar akan diperiksa oleh Editor. Proses review artikel melalui sistem double blind review. Artikel pertama kali dievaluasi oleh dewan Editor, artikel yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal akan ditolak tanpa ditindaklanjuti. Artikel yang dinilai menarik dan memiliki kebaruan akan dipertimbangkan dan dikirim ke Reviewer. Dewan editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari dua orang Reviewer dengan kemungkinan: ditolak, revisi mayor, revisi minor, dan diterima. Semua proses evaluasi artikel membutuhkan waktu tidak lebih dari enam bulan

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Norma etika yang harus dipatuhi pada publikasi Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar  berpedoman pada COPE (Committee On Publication Ethics) yaitu sebagai berikut:

1. Penulis

  • Penulis harus menegakkan perilaku ilmiah, memahami risiko dan manfaat dari artikel yang dipublikasi.
  • Peneliti harus mempresentasikan hasil penelitiannya dengan jujur, tanpa pemalsuan dan manipulasi data.
  • Naskah harus mengikuti pedoman penulisan pengajuan Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar  yang dapat dilihat pada templat jurnal.
  • Artikel harus relevan dengan topik  Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar 
  • Artikel tidak menghasilkan konflik kepentingan dengan pihak tertentu.
  • Penulis yang tercantum dalam artikel benar-benar kompeten dan memiliki kontribusi yang signifikan dalam bidangnya.
  • Jika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskah yang diajukan, maka penulis harus segera memberitahukan editor jurnal dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut.
  • Penulis dilarang melakukan publikasi ulang artikel atau bagian dari artikel, mengirimkan ke satu atau lebih jurnal lainnya pada saat bersamaan mengirim artikel di Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar . Penulis diperbolehkan jika mendapat penolakan artikel dari pimpinan/editor Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar .

2. Editor

  • Editor dapat menerima, menolak, atau meminta perubahan pada naskah berdasarkan hasil rekomendasi reviewer. Editor juga dapat berunding dengan pimpinan redaksi dalam membuat keputusan publikasi atikel.
  • Editor mengevaluasi bahwa setiap naskah awal bersifat orisinalitas. Editor harus mengatur naskah secara adil dan bijak.
  • Editor memilih reviewer sesuai keahliannya dengan memperhatikan jenis penelitian dari artikel yang dikirimkan penulis.
  • Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai manuskrip yang disampaikan oleh penulis dijaga kerahasiaannya.

 3. Reviewer

  • Informasi mengenai manuskrip yang disampaikan oleh penulis harus dijaga kerahasiaannya dan diperlakukan sebagai informasi yang istimewa.
  • Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian.
  • Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan yang relevan dengan topik Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar dan belum pernah digunakan oleh penulis lainnya.
  • Review naskah yang diajukan harus dilakukan secara objektif dan review harus mengungkapkan pandangan dengan jelas dengan argumen pendukung yang cukup.
  • Reviewer harus konstruktif dalam ulasannya dan memberikan umpan balik untuk membantu para penulis dalam memperbaiki naskahnya.
  • Reviewer harus merespon naskah penulis dalam jangka waktu yang tepat