Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Lesson Study Dengan Strategi Pembelajaran Siklus Belajar Hipotesis Deduktif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP, (2) kevalidan perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP, dan (3) keefektifan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan melakukan pengembangan perangkat pembelajaran yang mengacu pada strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif melalui kegiatan lesson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP berupa perangkat pembelajaran tersusun sesuai dengan tahapan lesson study, perangkat yang hierarkis, mengikuti fase belajar eksplorasi, pengenalan, dan aplikasi; (2) perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran; dan (3) pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP ditinjau dari aktivitas belajar dan ketuntasan belajar telah menyebabkan peningkatan yang signifikan pada tiap pertemuannya.
Keywords
Full Text:
DownloadReferences
Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida (2018). Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1-6.
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128-136
Fauziah, F., Safiah, I., & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30-38.
Fitriani, Y. (2014). Model Pembelajaran seni musik melalui lesson study: studi kasus di SDN Jawilan, Serang. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 15(2), 126-138. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.847
Hasibuan, E. H. (2018). Analisis Kesulitan Belajar matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 2 Bandung. Aksiom: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 7(1), 18-30.
Irwandi, I., & Sari, A. P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Kota Bengkulu. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 198-201.
Jelita, J., Suzana, Y., & Nuraida, N. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(1), 81-91. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16392
Jusuf, R. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Studi. Primaria Educationem Journal (PEJ), 1(1), 8-19.
Khoirunah, W. N., Suyatno, S., & Ibrahim, M. (2015). Implementasi Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 795-801. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p795-801
Nuraida, E. M., & Putri, R. I. I. (2019). Implementasi Lesson Study Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Peserta Didik Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 42-47.
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63-70.
Rahmawati, H., Supratman, M., & Aulan, Z. Y. (2021). Pengaruh Model Siklus Belajar Hipotesis-Deduktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Empiricism Journal, 2(2), 85-94. https://doi.org/10.36312/ej.v2i2.599
Saputra, H. N., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2016). Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasarwajo. Program Studi Teknologi Pembelajaran & Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 211-218.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Imiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24-32.
Zunaidah, F. N., & Mukmin, B. A. (2017). Pembelajaran Menggunakan Mind Mapping Berbasis Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Konsep Dasar IPA 2. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 227-234.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo
Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id
Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)