Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP

Sri Wahyuni Ningsi, Kadir Kadir, Rahmat Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematis Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa di SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Post-test Only Control-group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII¬-2 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pendekatan konvensional. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan literasi matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 4 Kendari.


Keywords


kemampuan literasi matematika; pembelajaran; realistic mathematics education.

Full Text:

Download

References


Citra, Y. S., Kadir, & Anggo, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Negeri 11 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 141-154.

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education: Culemborg, Netherland: Teachnipress.

Hartono, Y. (2004). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kusniati, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Melalui Penyelesaian Soal-Soal Ekspresi Aljabar Di Smp Negeri 1 Lambu Kibang (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Marium, A., Astuti, H. P., & Umayah, Y. (2019). Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Self Concept Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 139-148

Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. (Tesis UPI Bandung).

Ningsih. S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94

OECD. (2018). PISA 2015 In Focus. Retrieved 8 September 2018 from https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supinah. (2008). Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i1.25271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)