Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended

Novita Kumala Sari, Kodirun Kodirun, Kadir Kadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 8 Konawe Selatan dalam menyelesaikan masalah open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif  kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Konawe Selatan yang terdiri dari 5 kelas paralel yang berjumlah 109 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis pada indikator mengajukan dugaan tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 79,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator melakukan manipulasi matematika tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 65,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 49, kemampuan penalaran matematis pada indikator menarik kesimpulan dari pernyataan tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 49,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator memeriksa kesahihan suatu argumen tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 32,4, dan kemampuan penalaran matematis pada indikator menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi tergolong sangat rendah dengan rata-rata sebesar 2,6.


Keywords


kemampuan penalaran; matematika; open-ended

Full Text:

Download

References


Azhar, Sudia, M., & Kadir. (2016). Profil Penalaran Matematis Siswa SMA yang Bergaya Kognitif Impulsif-Refleksif dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 1(1), 21-30.

Bandi, N. T. L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. (Universitas Halu Oleo).

Cahyani, F.D., & Manoy, J.T. (2017). Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Untuk Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(6), 74.

Damayanti, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika SMP. (Universitas Pasundan).

Ruslan, A. S., & Santoso, B. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano, 4(2), 139.

Saputri, I. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T.S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 4.

Surya, E., & Rizqi, N. R. (2017).An Analysis Or Student’s Mathematical Reasoning Ability In VIII Grade Of Sabilina Tembung Junior High School. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2), 3527-3533

.Utami, N. P., Mukhni, & Jazwinarti.(2014). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan Melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Yulianti.(2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Peluang Berbasis Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMAN 3 Lubuk Linggau. (Universitas Sriwijaya).

Yulianti, D.E., Wiryanto, & Darmo. (2013). Keefektifan Model Eliciting Activities pada Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa. (Universitas Negeri Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i1.25270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)