Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

Endri Nuryanto, Hasnawati Hasnawati, Salim Salim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gaya belajar siswa di SMPN 22 Konawe Selatan; (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa di SMPN 22 Konawe Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa diambil menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis kemampuan komunikasi matematis dan angket gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif yang bermaksud menggambarkan keadaan nilai satu atau lebih variabel secara mandiri. Hasil penelitian di SMP Negeri 22 Konawe Selatan pada kelas VII :(1) Terdapat 31 siswa atau 44% siswa bergaya belajar visual, 12 siswa atau 17% siswa bergaya belajar auditori, 23 siswa atau 32% siswa bergaya belajar kinestetik, 3 siswa atau 4% siswa bergaya belajar visual-auditorial, dan 2 siswa atau 3% siswa bergaya belajar visual-kinestetik.; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 10 siswa atau sebesar 15% siswa berkemampuan sangat baik, 21 siswa atau sebesar 32% siswa berkemampuan baik, 28 siswa atau sebesar 42% siswa berkemampuan cukup, dan 3 siswa atau sebesar 4% siswa berkemampuan kurang.


Keywords


gaya belajar auditorial; gaya belajar visual; gaya belajar kinestetik.

Full Text:

Download

References


Auliana, N., Handayani, A. D., & Katminingsih, Y. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada materi Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik (VAK). Simki-Techsain. 1(6), 3-8.

Daimaturrohmatin & Rufina, I, S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 17-31.

Deporter, B & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Dewi, R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 17 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Makassar).

Ghufron, M. N, & Risnawita, R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani, V., Buyung., & Yarmayani, A. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Xi Sma Islam Alfalah Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 40-45.

Hikmawati, N, N., Nurcahyono, N, A., & Balkist. P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus Dan Balok. Jurnal PRISMA, 8(1), 68-79.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematis. Jurnal AdMathEdu. 1(7), 9-18.

Minarti, E, D & Nurfauziah, P. (2016). Pendekatan Kontruktivisme Dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis Serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Di Cimahi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(3), 68-83.

Marlina., Hajidin., & Ikhsan, M. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 83-95.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purba, J., Maimunah., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. EKSAKTA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 13–21.

Putra, Y, A., Susanto., Suharto. (2019). Analisis komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar. Kadikma, 1(10), 126-135.

Qonaah, A., Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Peningjkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Kemampuan Awal Matematis siswa. Jirnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(4), 35-40.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. jurnal Penndidikan Unsika, 1(2), 13-23.

Sari, I, K. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86-92.

Son, A, L. (2015). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Wiraloda, 15(7), 4-5.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaeni, S., Kodirun., & Salim. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika siswa.Jurnal Edukasi Matematika, 2(11), 79-87.

Sutriani, E., Syahrilfuddin., & Noviana, E. (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi akademik Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Jurnal PAJAR, 6(2), 2614-1337.

Syukuk, M, & Misu, L. (2016). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMAN 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(4), 153-167.

Umrana. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1).

Wijayanti, I, D., Hariastuti, R, M., & Yusuf, F, I. (2019).Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 68-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i1.25264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)