Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan, Fungsi dan Limit pada Mata Kuliah Kalkulus

Isnaini Mahuda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pertidaksamaan, fungsi dan limit fungsi yang merupakan materi awal pada mata kuliah Kalkulus I. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian mahasiswa semester I tahun akademik 2021/2022 Program Studi Statistika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Bina Bangsa yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya yaitu 1) mengumpulkan dan memformulasikan data-data yang diperoleh dari subyek penelitian; 2) menganalisis letak dan jenis kesulitan yang dihadapi mahasiswa pada soal yang berikan; 3) penarikan kesimpulan dari hasil analisis data-data yang diperoleh. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pertidaksamaan, fungsi dan limit fungsi  terjadi karena : 1) mahasiswa tidak hafal mengenai sifat-sifat pertidaksamaan; 2) mahasiswa lupa mengenai aturan-aturan nilai mutlak; 3) mahasiswa kurang terampil dalam melakukan operasi hitung dasar; 4) mahasiswa lupa mengenai konsep domain natural dari suatu fungsi sederhana; 5) mahasiswa kurang paham konsep limit bentu tak tentu; 6) mahasiswa tidak terampil dalam melakukan operasi hitung pecahan; 7) mahasiswa tidak terampil dalam proses pemfaktoran polynomial; 8) mahasiswa kurang cermat/ teliti dalam menjawab soal.


Keywords


fungsi; kalkulus; kesulitan; limit fungsi; pertidaksamaan.

Full Text:

Download

References


Abidin, Z. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1), 183– 196.

Apriandi & Krisdiana. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123 – 134.

Basuki, N. R. (2012). Analisis Kesulitan Siswa SMK pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Surakarta, 97–104.

Dewanti. (2013). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Kalkulus I Ditinjau Dari Gaya Belajar. (Universitas Islam Negeri Sunan Kaijaga).

Karmawati. (2016). Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Statistika Mahasiswa BKI Pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palu. ISTIQRA: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 23–48.

Kartini, & Suanto, E. (2015). Analisa Kesulitan Pembuktian Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real. Prosiding Semirata, 1(1), 189–199.

Kereh, C. T., Sabandar, J., & Tjiang, P. C. (2013). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Konten Matematika Pada Materi Pendahuluan Fisika Inti. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains VIII, 4, 10-17.

Kumalasari, S., & Sugiman. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 16–27.

Muhammad, M., & Kusno. (2015). Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Model Linier. Khazanah Pendidikan, 9(1), 73–82.

Mutakin, T. (2013). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Formatif, 3(1), 49-60.

Nurhikmayati, Iik. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal THEOREMS, 2(1), 74-85.

Oktavia, A., & Khotimah, R. P. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu. Prosiding Koferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 99–108.

Rosmiyati, & Afrahamiryano. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa Jurusan PMIPA Dalam Pengolahan Data Statistik. Lemma, 1(2), 52–56.

Widyasari, N. M. D., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1), 1-11.

Yuniati, S. (2014). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian pada Matakuliah Struktur Aljabar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7(2), 72–81.

Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi Bloom dan Alternatif Pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 111–133.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i1.24488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)