Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis

Yosua Pandiangan, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, Novaliyosi Novaliyosi

Abstract


Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 7 Kota serang yang terdiri dari 28 siswa pada materi SPLDV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam  menyelesaikan soal SPLDV dengan menggunakan indikator Newman. Adapun data yang diperoleh yaitu berdasarkan hasil jawaban tertulis siswa. jawaban siswa kemudian diidentifikasi ke dalam letak kesalahan, setelah itu dipilih 6 orang siswa sebagai responden untuk diwawancarai agar mengetehaui penyebab dari kesalahan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa tidak ada satupun siswa yang tidak melakukan kesalahan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu pertama kesalahan pada tahap comprehension (memahami soal) sebanyak 32,77%, pada tahap ini kesalahan yang muncul adalah kesalahan menuliskan apa yang diketahui dan/atau ditanyakan, kedua kesalahan pada tahap transformation (transformasi soal atau membuat model) sebanyak 31,64%, pada tahap ini kesalahan yang muncul adalah kesalahan dala membuat pemisalan dan/atau membuat model matematika, ketiga kesalahan pada tahap process skill (keterampilan proses) sebesar 15,54%, pada tahap ini kesalahan yang muncul adalah salah dalam menyelesaikan model matematika dan terakhir kesalahan pada tahap encoding (menuliskan hasil akhir) sebesar 20,06%.


Keywords


analisis kesalahan; newman error analysis; spldv.

Full Text:

Download

References


Afifatun Nuha, I. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Analisis Newman pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Kec.Mlarak. (Universitas Muhammadiyah Ponogoro).

Ayu M, Y. C. D. S., Noviantari, P. S., & Suwija, I. K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di Kelas X MIPA 4 SMAN 5 Denpasar. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA), 172–180.

Budi, M., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA, 9(3), 713–726.

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.

Hendrayanto, D. N., Widodo, S. A., Wijayanto, Z., & Wahmad, W. (2021). Aplikasi Teori Newman: Bagaimana Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Geometri 3D? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 94. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3613

Imawati, T. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Luas dan Keliling Lingkaran di Kelas VIII E SMP Negeri 2 Jatinom. (Universitas Sanata Dharma).

Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.56

Lestanti, M. L. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/9343

Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solopada kelas X SMA negeri 1 plus di kabupaten nabire papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933–945.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau Dari Gender. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Puspita Rahayuningsih, A. Q. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Reid O’Connor, B., & Norton, S. (2020). Supporting indigenous primary students’ success in problem-solving: learning from Newman interviews. Mathematics Education Research Journal. https://doi.org/10.1007/s13394-020-00345-8

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analsis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 2(1), 1–7.

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students’ errors. Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1317

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Zulfah, Z. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas Viii Mts Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i1.24004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)