Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Via Google Meet Dimasa Pandemi Covid-19

Dwi Andriani, Nia Kurniati, Eka Agustina, Deo Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring prodi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Nurul huda selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Melalui simplerandom sampling, sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang melaksanakan proses belajar dengan sistem pembelajaran daring google meet yaitu dari semester  1 hingga 5 sebanyak 43 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara yang disebarkan menggunakan google form. Analisis data dengan analisis deskriptif melaui perhitungan kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada program studi pendidikan bahasa inggris dengan X̅ = 94,5 termasuk dalam kategori cukup bagus diterapkan melalui sistem pembelajaran daring melalui google meet. Persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring pada prodi pendidikan bahasa inggris selama masa pandemi Covid-19 yang terdiri dari 4 aspek dengan rincian aspek Kemampuan pendidik dalam mengelola kelas merupakan aspek tertinggi yang menjadi indikator efektivitas pembelajaran daring menggunakan google meet dengan skor 70,70% kategori tinggi, aspek sarana dan prasarana penunjang  dengan skor 65,25%  kategori tinggi, selanjutnya aspek aktivitas belajar dengan skor 63,08% kategori tinggi dan yang paling terendah adalah aspek ketuntasan belajar dengan skor 6,30% kategori tinggi.


Keywords


efektivitas pembelajaran daring; google meet; persepsi mahasiswa.

Full Text:

Download

References


Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs For Enhancing Student Engagement On Virtual Platform. MedEdPublish, 9(1), 1-5. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Budiansyah, A. (2020). Google Meet Aplikasi Rapat Online Gratis Selama Wabah Corona. Jakarta: CNBC Indonesia.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Hasibuan, M. S. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi, Dan Inovasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Irmawanty, Sumantri, M. S., & Japar, M. (2020). Pendampingan Menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Secara Online dengan Menggunakan Google Meet. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 146-53.

Kemdikbud RI. (2020). Surat Edaran Entang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Jakarta

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231.

Mihaballo. (2012). The Miracle Of Language. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Nalurita, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(1), 22-30.

Nugroho, S. (2015). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru. Varidika, 24(2). Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/710.

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 557-562. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1274.

Samudro, A. (2020). Mengenal Google Meet: Cara Kerja Hingga Fitur. Retrieved 16 Maret 2021 from https://tirto.id/mengenal-google-meet-cara-kerja-hingga-fitur-eFtx.

Sudijono, A. (2019). Pengantar Statisk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i1.23620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)