Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Etrianti Etrianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang dengan menggunakan lantai kelas sebagai media pembelajaran lingkugan sekitar siswa telah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Dari pemberian tes siklus I diperoleh data hasil belajar siswa dengan nilai  rata-rata 6,60 serta banyaknya siswa yang tuntas secara klasikal 14 siswa (46,67%). Pada siklus II nilai rata-rata tes siswa 7,63 serta banyaknya siswa yang tuntas secara klasikal 25 siswa (83,33%). Hasil rata-rata tes yang diperoleh pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,66%.

Keywords


hasil belajar matematika, lingkungan sekolah, media pembelajaran.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Arda., Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69-77.

Haryati, Dini. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80-96. DOI: 10.24252/auladuna.v3i2a4.2016

Ikhsan, A., Sulaiman., & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1-11.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 66-73. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018.

Rahmatullah, Muhammad. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 178-186.

Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.

Supardi, U. S., Leonard., Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71-81. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)