POLA INTERAKSI SOSIAL PEDAGANG DAN PEMBELI PADA PASAR TRADISIONAL KAMONI (Studi di Desa Madodo Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Interaksi Sosial Pedagang dan Pembeli Pada Pasar Tradisioanl Kamoni di Desa Madodo Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Desa, 2 orang Pengelolah Pasar, 5 orang pedagang dan 5 orang pembeli. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Interaksi Sosial Pedagang dan Pembeli Pada Pasar Tradisioanl Kamoni di Desa Madodo Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna yakni dapat dilihat dari 1) pola interaksi sosial asosiatif yaitu kerja sama, asimilasi dan akomodasi 2) pola interaksi sosial disosiatif yaitu persaingan, konflik 3) faktor-faktor mempengaruhi interaksi sosial yaitu usia dan penampilan fisik. Dari ketiga pola interaksi sosial tersebut tentu sangat berpengaruh bagi pedagang dan pembeli.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.52423/gjmpp.v6i1.47527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo.
Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232
Pengelola Jurnal:
Sitti Harnia, S.Sos., M.A
E-mail: nicanfityah@gmail.com
Phone Number: +6285399504736
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License