STRATEGI PETANI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK (Studi di Desa Komala Kematan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi)

Sina Apriawati, Bahtiar Bahtiar, Ambo Upe

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji strategi petani dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa Komala dan faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa Komala Kecamatan Wangi-Wangi selatan Kabupaten Wakatobi.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Teknik purposive samplingdigunakan untuk memilih informan.Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalahmasyarakat yang berprofesi sebagai petani adapun jumlah informan masyarakat 13 orang.Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi.Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Desa Komala Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi bahwa terdapat 3 strategi yang dipakai oleh petani yaitu: strategi memanfaatkan lahan, strategi mengurangi pengeluaran, dan strategi meminta bantuan, dimana dalam pemanfaatan sumber daya lahan para petani sangat memanfaatkannya dengan sangat baik, banyak dari para petani memilki banyak jenis tanaman dan tumbuhan yang mereka tanami di lahan mereka seperti singkong, ubi jalar, labu putih, paria, kankung, terong. Faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa Komala Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi yaitu: Kondisi petani, Kondisi keuangan petani, banyaknya kebun petani, dan besarnya harapan orang tua

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52423/gjmpp.v6i1.46247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo.

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Pengelola Jurnal:

Sitti Harnia, S.Sos., M.A

E-mail: nicanfityah@gmail.com

Phone Number: +6285399504736

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License