HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa, mengetahui gambaran prestasi belajar matematika siswa dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watampone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 320 orang dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket dan dokumentasi yang diambil dari nilai rapor siswa Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa mayoritas berada pada kategori sangat tinggi, dan untuk prestasi belajar matematika mayoritas berada pada kategori tinggi. Dari hasil analisis inferensial, diperoleh nilai signifikasi < 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar matematika. Adapun besarnya koefisien korelasi antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar matematika adalah 0,645 yang artinya bahwa antara variabel kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika siswa memiliki hubungan yang kuat.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Pralctek. Jakarta: Rineka Cipta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Hendri Prasetyo. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik Vol 3. Issue 2.
Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19 (1)
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 7 (1)
Japa, I Gusti Ngurah & I Made Suarjana. (2015). Pendidikan Matematika 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
KBBI, (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Online), Diakses tanggal 01 Juni 2022 dari, (https://kbbi.kemdikbud.go.id/)
Kompas.com. (2019). Skor PISA 2018, Daftar Peringkat Kemampuan Matematika. Diakses tanggal 01 Juni 2022 dari https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia
Malinda, P., & Minarti, E. D. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (3).
Mulyasana, D. (2012). Pendidikan yang Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Vol. 6 (1).
Oktarini, Komang dkk. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol 1 No 2.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah A.R. (2019). Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara.
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan self confidence dalam pembelajaran matematika melalui metode suggestopedia. al-khwarizmi, Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya (Cet. ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiartini, Ni Ketut. (2017). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Percaya diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.
Sukmadinata, N. (2010). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsul Hadi & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya, 19 Januari 2019. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Halu Oleo
Contact Person:
Salmawati, 082345145429