TINGKAT KEPERCAYAAN PUBLIK TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENANGANAN COVID 19

Rahmat Hidayat, Nimrah Rahmayanti Yusuf A., Saddam Husain Tamrin

Abstract


Krisis Covid-19 memperburuk ketidaksetaraan yang ada, dengan potensi dampak pada pelepasan keterlibatan public, polarisasi, dan keresahan public. Berbagai kebijakan telah diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi Permasalahan Public , mulai dari penerapan Sosial distancing, physical distancing, menghimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah, meliburkan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan dan pembatasan kegiatan di area public, hingga pembatasan Sosial berskala besar (PSBB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan publik terhadap kebijakan pemerintah dalam menangani Covid-19 serta mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data metode survey dimana analisis data menggunakan regresi sederhana. Penelitian ini menemukan bahwa variabel kepercayaan publik bepengaruh positif terhadap kebijakan publik dengan tingkat kepercayaan publik terhadap implementasi kebijakan covid-19 berkategori tinggi

Keywords


Kepercayaan Publik, Integritas, Kompetensi, Konsistensi

Full Text:

PDF

References


Colquitt, Le Pine, and Wesson,(2011). Organizational behavior: Improving Performance and Commitment in the work Place. New York: McGraw-Hill Companies. h. 219.

Hajer, M. and Wagenaar, H. (2003). Deliberative Policy Analysis: Understanding Governance in the Network Society. Cambridge: Cambridge University Press

Howe, K. dan Ashcraft.C. (2005). “Deliberative Democratic Evaluation: Successes and Limitations of an Evaluation of School Choice”. Teachers College Record. Volume 107 Number 10 October 2005. Columbia University. pp. 2275–2298.

John W. Newstrom and Keith Davis (2002). Organizational Behavior New York: McGraw-Hill, h. 263

Kushner, S. (2002). “The object of one’s passion: engagement and community in democratic evaluation”. Evaluation Journal of Australasia. Vol. 2 (new series ) N. 2 December 2002.

Kushner, S. (2000). “Personalizing evaluation”. London: Sage, in reviewed by Tracie E. Costantino. Visual Arts Research. Vol. 27 No. 1(53) (2001). pp. 107-111.

Maksudi, Beddy Iriawan. (2015). Sistem Politik Indonesia Pemahaman Secara teoritik dan Empirik. Jakarta : Rajawali Pers.

Rhicard L. Daft, (2008). The Leadership Exprience. Canada: South-Western, Part of the Thomson Coorporation, h.265.

Stephen Robbins, Timothy A. Judge, (2011). Organizational behavior. New Jersey: Perason Education, Inc, h.429.

Stephen Robbins, dan Mary Coulter, (2012). Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall, h. 473.

Steven L.Mc,.Shane and Mary Ann Von Glinow, (2010). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill, h. 252-253 .

Sirajuddin, S. M., & Atrianingsi, A. (2020). Kepercayaan Publik (Public Trust) Terhadap E-Government: Studi Kasus Penggunaan E-Mobile BPJS Kesehatan Di Kota Makassar. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 80-88.

Silalahi, U. (2011). Kepercayaan Publik kepada Pemerintah Daerah Pasca Orde Baru. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 11(02).

Park, H., & Blenkinsopp, J. (2011). The roles of transparency and trust in the

relationship between corruption and citizen satisfaction. International Review of Administrative Sciences, 77(2), 254–274. https://doi.org/10.1177/0020852311399230

Wahyuningsih, R. D. (2011). Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kebijakan Sosial Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 15(1), 29-40.

Widiantara, I. K. A. (2020). Infodemik Covid-19: Momentum Membangun Kepercayaan Publik Terhadap Media Mainstream. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 67-81.

http://www.padk.kemkes.go.id/di akses mei 2022

https://ppiptek.brin.go.id/ di akses mei 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Principal Contact:

Rety Reka Merlins, S.Sos., M.A

E-mail: retyrekamerlins@gmail.com

Phone Number: 082349935865

Editorial Office:

Laboratory of Sociology, Faculty of Social and Political Sciences, Halu Oleo University

Building 2nd Floor, Green Campus, H.E.A. Mokodompit Street, Kendari City, Postal Code: 93232

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License