Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP

Hafely Hafely, Anwar Bey, La Ode Ahmad Jazuli, Nana Sumarna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang terdiri dari sepuluh kelas parallel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan istrumen tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa pada kedua kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest kemampuan komunikasi matematik siswa lebih rendah daripada nilai rata-rata posttest kemampuan komunikasi matematik siswa pada kedua kelas eksperimen.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa

Full Text:

UNDUH

References


Alzianina, Aulia Eka. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Smp Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Lampung: tidak diterbitkan.

Amalia, Y., Duskri, M., dan Ahmad, A. 2015. Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika. 2(2): 38-48.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Johar, Rahmah, Diandita, Elly R., dan Abidin, Taufik F. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognitif Siswa SMP Pada Materi Llingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(2): 79-97.

Nurbaiti, Sri I., Irawati, Riana, dan Lichteria R. 2016. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 1001-1010.

Respati, Ressa, Gusrayani, Diah, dan Maulana. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Skala dan Perbandingan. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1) : 171-180.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

........................2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Trianto. 2009. Mendasain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860