Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Kadir ., & La Masi

Abstract


Penggunaan konteks dalam pembelajaran matematika masih merupakan masalah yang disebabkan oleh kurang tersedianya bahan ajar matematika kontekstual dan rendahnya pengetahuan awal matematika siswa. Pada penelitian ini diungkap keragaman konteks yang digunakan guru dan peran pengetahuan awal matematika dalam pembelajaran kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan konteks dalam pembelajaran matematika masih kurang. Konteks hanya digunakan pada awal pembelajaran matematika untuk menarik perhatian siswa, belum digunakan untuk membangun konsep matematika dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengetahuan awal matematika siswa berada pada kategori sedang tetapi cukup berkontribusi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa.

Kata kunci:  konteks dalam pembelajaran matematika, pengetahuan awal matematika, kemampuan berpikir kreatif.


Full Text:

Unduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860