Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Dakota (Dakon Matematika) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Hasanuddin pada materi FPB dan KPK. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV-A dan kelas IV-B dimana kelas IV-A adalah kelas eksperimen sedangkan kelas IV-B adalah kelas kontrol. Teknik pengumpulkan data yang digunakan berupa tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah independent sample test. Hasil analisis data berdasarkan bantuan SPSS 23.0 untuk df = 46 diperoleh thitung (4.696) > ttabel (2.013) dan nilai sig. 0.000 < α = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol dengan taraf signifikan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Dakota meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 MI Hasanuddin pada materi FPB dan KPK
Keywords
Full Text:
UNDUHReferences
Agustin, R. R., Tiurlina, & Wardana, D. (2016). Media Pemahaman Konsep KPK dan FPB bagi Siswa Kelas IV SEkolah Dasar Berdasarkan Analisis Permainan Congklak. Kalimaya, 4(2).
Dolong, H. M. J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3484.
Gatot, M. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Heru. (2018). Pengembangan Multimedia Game Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12003
Ilma, R., & Putri, I. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 100–112. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2642.
Karimah, A.A., Rusdi, & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 9-13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.9-13.
Linguistika, Y., & Febriyana, I. (2011). Permainan Dakonmatika Sebagai Media Pembelajaran Matematika Topik Faktor Persekutuan Terbesar ( FPB ) Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil ( KPK ) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 557-570.
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536.
Nurhayati, K. A., Hawanti, S., & Irianto, S. (2016). Pengembangan Media Permainan Congklak Matematika Untuk Mengefektifkan Penyampaian Materi KPK Dan FPB Kelas IV Di Sekolah Dasar. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 34–39. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.940
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 317–327. http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.5935
Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal EKSOS, 8(1), 19-25.
Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2018). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119-128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860