PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 1 WANGI-WANGI

Murni Sabilu, Lili Darlian, Wa Ode Surianti Nur

Abstract


Keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah dapat dikembangkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Aspek keterampilan ini belum diberdayakan secara spesifik oleh guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Wangi-wangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Wangi-Wangi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan prasyarat analisis dan hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,68 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,58. Hasil uji t menunjukkan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu t-hitung = 0,031 < t-tabel = 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan.


Keywords


: Model PBL, Keterampilan Berpikir Kreatif, Sistem Pencernaan

Full Text:

Unduh

References


Abdurrozak, R., Jayadinata, A.K dan Isrok ‘atun. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1 No.1 (872)

Elizabeth, Agustina dan Sigahitong, M. M. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. Vol. 6 No. 2 (73)

Hasmiati, Jumadi, O., dan Rachmawaty. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya (260)

Jahidin, 2021. Pembelajaran Biologi; perspektif pembelajaran abad 21. Kendari: Metro Graphia Kendari.

Musanna, Al. 2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 2 No. 1 (123)

Rosa, Mulya, N., dan Pujiati, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Formatif. Vol. 6 No. 3 (177)

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sukmawijaya, Y., Suhendar, dan Aa Juhanda, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan, Bieduin Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi, (Agustus), Vol. (9), No.(9): 28-43.

Treffinger, D.J., Grover C. Young, G.C., Edwin C. Selby, E.C., and Cindy Shepardson, C., December 2002 RM02170. Assessing Creativity: A Guide for Educators, National Research Center on the Gifted and Talented. Center for Creative Learning Sarasota, Florida.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085212444525, email : gemapendidikan@uho.ac.id