MENGUATNYA POLITIK IDENTITAS DIRANA LOKAL MENJELANG PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2024

La Ode Darman, Nurgalia Nurgalia

Abstract


ABSTRAK

 

Diera politik pasca kebenaran politik identitas senantiasa menjadi fokus utama dalam konteks PILKADA langsung akhir-akhir ini, dimana dalam praktiknya melibatkan peran aktor informal dan petugas partai. Bergulirnya wacana politik identitas melahirkan semangat etnisitas makin menguat menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2024. Pertama, politik identitas etnis memberi ruang bangkitnya semangat para aktor untuk menguatkan posisi elit lokal di Sulawesi Tenggara. Kedua, menguatnya peran elit local menjadi tantangan tersendiri bagi petugas partai yang ada di aderah. Ketiga, politik identitas berbasis etnisitas yang menguat di Sulawesi Tenggara, yang dilandasi semangat keakuan sesungguhnya mendorng etnis menjadi kekuatan politik yang kaku dengan lahirnya budaya politik yang eksklusif selanjutnya melahirkan iklim berdemokrasi yang kurang baik di Provinsi Sulawesi tenggara.


Keywords


Kata Kunci: Politik Identitas, Rana Lokal, Sultra, PILKADA

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Ubed S. 2002. Politik Identitas Etnis Pergulatan Tanpa Tanda Identitas. Magelang: Indonesia tera

Almond, Gabriel A dan Sidney Verba. 1984. Budaya Politik, Tingkah Laku Politik dan Demokrasi di Lima Negara (terj: Sahat Simamora). Jakarta: Bumi Aksara.

Maarif, Ahmad Syafii. 2012. Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Kita. Jakarta:

Yayasan Abad Demokrasi.

Sumber Lain: https://news.okezone.com/read/2007/12/12/1/67857/pasangan-nur-alam-saleh-dipastikan-memenangkan-pilgub-sultra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 La Ode Darman, Nurgalia Nurgalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.