STRATEGI POLITIK FACHRI PAHLEVI KONGGOASA ATAS TERPILIHNYA DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA (DPR-RI)

Wardiman Wardiman, Muhammad Arsyad, Muhammad Nasir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Politik Fachri Pahlevi Konggoasa Atas Terpilihnya di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat-Republik Indonesia (Studi Kasus Kecamatan Unaaha). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kualitatif-deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori marketing politik, adapun pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian berupa Partai Politik dapat memilih lebih dari satu strategi marketing politik, Pull Marketing, Pass Marketing, Push Marketing. Metode analisis data kualitatif menggunakan teori marketing politik, peneliti mengambil kesimpulan bahwa marketing Politik diharapkan dapat menambah kepercayaan politik masyarakat serta meningkatkan elektabilitas untuk pemilu yang akan datang.


Keywords


Strategi Politik, Marketing Politik, Komunikasi Politik

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Ikhsan. Analisis Sistem Politik Indonesia. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013

Fahmi, Khairul. Pemilihan Umum dan Kedaultan Rakyat. Jakarta: Rajawali Pers, 2012

Firmanzah. Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor

Indonesia, 2007

Andrias, M.A., dan Nurohman, Taufik. 2013. Partai Politik dan Pemilukada (Analisis Marketing Politik dan Strategi Positioning Partai Politik Pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Nursal, Adman. 2004. Political Marketing: Strategi Menenangkan Pemilu, Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPD, DPRD. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunardo. Geografi Politik. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014

Haris, Syamsuddin. Partai, Pemilu, dan Parlemen Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia,2014.

J.Piliang, Indra. Mengenal Teori-Teori Politik. Bandung: Nusa Cendikia, 2013

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Balai Pustaka.1991

Lubis Lizbeth Lindrieny, 2017, Strategi zukri dalam memperoleh suara pada pemilihan

Mubarak, Mendukung pasangan Jokowi-Ahok dalam Plkada DKI Jakarta dalam Komunikasi politik dalam media baru, (Jakarta: Universitas Gajah Mada 2014)hal 47-48

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005

Nurani Soyomukti, Komunikasi Politik ( Malang :Intrans Publishing 2013).hlm.90

Nursal, Adman. Political Marketing (Strategi Memenangkan Pemilu). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004

Pamungkas, Sigit. Partai Politik Teori dan Praktik di Indonesia. Yogyakarta: Institute For Democracy and Welfarism, 2012

Patilima, Hamid. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2011

Sanit, Arbi. Sistem Politik Indonesia Kestabilan, Peta Kekuatan Politik, dan Pembangunan. Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2012

Sugiono, Arif. Strategi Political Marketing. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013

Suyanto, Bagong, dkk. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana, 2005

Usmain, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2000

Mubarak, Mendukung pasangan Jokowi-Ahok dalam Plkada DKI Jakarta dalam Komunikasi politik dalam media baru, (Jakarta: Universitas Gajah Mada 2014)hal 47-48


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wardiman Wardiman, Muhammad Arsyad, Muhammad Nasir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.