EFEK BUZZER POLITIK PADA DINAMIKA POLITIK IDENTITAS DI KOTA KENDARI

Andi Audia Wardana, Muh Najib Husain, Muh Yusuf

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana buzzer politik pada dinamika politik identitas di kota kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan Studi pustaka. Analisis data menggunakan metode reduksi data, sajian
data dan kesimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian bagaimana buzzer politik pada dinamika politik identitas di kota kendari melalui analisis konten dan pembahasan maka dapat disimpulkan untuk mengetahui buzzer poltik pada dinamika politik identitas di kota kendari yaitu keberadaan Buzzer Tie Saranani dalam menggiring opini mengenai aktor politik dr. Hj Siska Karina Imran
dalam pemilihan Walikota di tahun 2024 menunjukkan adanya isu yang dibawa terkait politik identitas dimana identitas “Tina Tolaki” dimanfaatkan untuk menggiring sebuah opini yang berisikan dukungan dan pujian terhadap aktor politik tersebut


Keywords


Buzzer Politik, Politik Identitas, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Abdulkadir B. Nambo dan Muhammad Rusdiyanto Puluhuluwa. Memahami Beberapa

Konsep Politik (Suatu Telaah Dari Sistem Politik). Jurnal Vol. 21 No.2 April0Juni,

Hlm 262

Christiany Juditha. 2018. Buzzer di media sosial pada pilkada dan pemilu Indonesia :

penelitian Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika. Jurnal.

Dony Arung Triantoro. Praktik Politik Identitas Dalam Akun Media Sosial Anies-Sandi.

Jurnal Vol 16 No.1. Juni 2019 : 19-20.

I Made Wirartha. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis.

Yogyakarta: Andi

JASMEV 2017 sebagai Buzzer di era demokrasi digital pada pilgub DKI Jakarta 2017)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Lexy. J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Mulyana,Deddy. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar .Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Raharjo Jati Warsisto. 2016. Aktivisme Kelas Menengah Berbasis Media Sosial :

Xvi Munculnya Relawan Dalam Pemilu 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu politik (JSP), 2

(2).

Rieka Mustika.2019. Pergeseran peran Buzzer ke dunia politik di sosial media (Shifting the

role of buzzer to the world of politics on social media). Jurnal penelitian Diakom , 2

(2).

Shiddiq Sugiono.2020. Fenomena Industri Buzzer di Indonesia: sebuah kajian ekonomi

politik media. Jurnal ilmu komunikasi.4 (1)

Sultan, Andiha Sulaiman, 2018. Komunikasi politik JASMEV (Studi terhadap kampanye

politik

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Audia Wardana, Muh Najib Husain, Muh Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.