PERAN KEPEMIMPINAN LURAH DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE BERBASIS TEKNOLOGI (KAJIAN BIROKRASI POLITIK PADA KELURAHAN BENDE)

Lisna Dewi, Rahman Tandi, Saidin Saidin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Lurah dalam mewujudkan Good Governance berbasis teknologi di Kelurahan Bende. Metode penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian kualitatuif dengan pendekatan deskriptif. adapun informan dalam penelitian merupakan orang yang benar-benar paham menegenai peran Lurah dalam mewujudkan Good Governance berbasis teknologi di Kelurahan Bende. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menaik kesimpulan. Hasil yang telah diperoleh dalam mewujudkan Good Governance di Kelurahan Bende berbasis teknologi menjadi peran lurah dalam menjalankan fungsinya sebagai seorang pemimpin yaitu peran lurah sebagai tokoh, sebagai pemimpin dan sebagai penghubung antara pemimpin dan masyarakatnya. Adapun peran Lurah disini,  yakni peran interpersonal, sebagai seorang pemimpin Lurah bertanggung jawab atas semua yang bersangkutan dalam kelurahan. Lurah sudah menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin dengan mendengarkan masukan-masukan baik dari bawahannya maupun saran masyarakatnya, dan kemudian mengelolahnyan untuk dijadikan sebuah ide yang berguna bagi masyarakat kedepannya. Pemanfaatan aplikasi Laika dalam pelayanan untuk kepengurusan surat-surat administrasi kependudukan di kelurahan Bende sudah terselenggara dengan baik, sesuai  dengan tata kelola pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi dengan tujuan mempermudah proses pelayanan.

Keywords


Peran Kepemimpinan, Good Governance, E-Government

Full Text:

PDF

References


Asfhar,(2004), Pemilu dan Perilaku Pemilih. Surabaya: Pustaka Utama.

Budiardjo, Miriam. (1991). Dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta.

Surbakti Ramlan. (2010). Memahami Ilmu Politik, Grasindo, Jakarta..

John T. Jost and jim Sidanius (ed.). (2004) Political Psychology, psycological Press, New York.

Dennis Kavanagh(1982). Kebudayaan Politik, Bina Aksara, Jakarta.

Haryanto,(1982). Sistem Politik – Suatu Pengantar, Liberty, Yogyakarta.

Klingemann, Hans-Dieter (1999). Partai, Kebijakan dan Demokrasi, Terjemahan dari Judul Asli : Parties, Policies, and Democracy, oleh Sigit Jatmika, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Nasution, Adnan Buyung,(2001). Aspirasi Pemerintahan Konstitusional di Indonesia, Cet.II, PT Pustaka Utama Grafiti, Jakarta.

Basalim, Umar,(2001). Pro-Kontra Piagam Jakarta di Era Reformasi, Pustaka Indonesia Satu, Jakarta.

Miller & Harrop 1987, Election and Voters; A Comparative Introduction” Press McMillan LTD. London. Hlm.145-153.

Kavanagh Dennis, 1987. Political Culture, Terjemahan, Samaruddin MD Rejab, (Budaya Politik), Dewan Pustaka. Hlm. 2-3.

Yusul Al-Qardhawy, Pedoman Bernegara Dalam Perspektif Islam, Terjemahan dar Judul Aslinya: As-Siyasah Asy-Syari’yah, oleh Kathur Suhadi, Pustaka Al Kautsar, Cet.I, Jakarta,1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lisna Dewi, Rahman Tandi, Saidin Saidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.