Analisis Strategi Promosi Dalam Menumbuhkan Minat Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada PT MNC Sekuritas Kendari)

Dedi Wajihadin, Muh. Amir, Rahman Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui strategi promosi dalam menumbuhkan minat berinvestasi di pasar modal pada PT MNC Sekuritas Kendari di di JL. Jend. Ahmad Yani No. 12a, Pondambea, Kecamatan Kadia Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dimana peneliti secara sistematis mengumpulkan data dan informasi dari hasil observasi, wawancara dan dokumen yang mereka terima. Data dikumpulkan dengan wawancara langsung pada Manajer dan karyawan di MNC Sekuritas Kendari serta 5 orang investor sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan minat berinvestasi di kota kendari saat ini sudah meningkat sejak dilakukannya strategi promosi. jumlah masyarakat Sulawesi tenggara yang menanamkan investasinya di pasar modal mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Berdasarkan data yang ada pada Bursa Efek Indonesia Sulawesi tenggara hingga November 2021, jumlah investor sudah mencapai 12.749 investor.Jumlah ini meningkat sebanyak 6.105 investor atau 108 persen bila dibandingkan tahun 2020 lalu.

Keywords


Strategi, Minat dan Berinvestasi

Full Text:

PDF

References


Ariesto Hadi Sutopo dan Adrianus Arief, 2010. Berbakat Mengelola Data Kualitatif. Jakarta:Prenada Media Group.

Darmadi.2017. Peningkatan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Publikasikan.

Effendi, Mussonif Noor. 2013. Pengaruh Analisis Kualitas Investasi dan Manajemen Risiko Perusahaan Efek Terhadap Investor. Surabaya: STIE Perbasnas Surabaya.

Gunawan, Fahmi and Hastuti, Heksa Biopsi Puji.2018. Regulasi dan Pendidikan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Haryani, iswi.2010. Pusat Distribusi Resi sebagai Jaminan Kredit dan Alat Trading. Jakarta: Sinar Grafika.

Herdiana., Nana. 2015. Dewan Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hery, 2013. Mampu Mengelola Bisnis dalam 30 Hari. Yogyakarta: Gava Media

Kasmir, 2016. Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada

Miles, B Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Subyektif sumber pada Metode Baru. Jakarta: ui.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Subyektif. Bandung: PT Pemuda Pusdakarya.

Paskali, Frances Paulus 2016. Mendekati Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta: Publikasikan.

Rohmatussa'dyah, ana, Suratman, 2017. Hukum Ventura dan Pasar Modal. Jakarta: Sinar Gravika

Situmorang, Needhutan, Mahardhika, Jauhari dan Listiyani, Tri 2010. Cara Memasukkan Sumber Daya ke Saham untuk Pemula. Jakarta: TransMedia

Sofian, Iban. 2015. Metode Penyusunan Manajemen Strategis Pemerintah dan Bisnis. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Subli, Muhammad. 2018. Teknik PT Phintraco Sekuritas dalam Memperluas Investor di Bursa Efek Indonesia. Palangkaraya: Lembaga Islam Negeri Palangkaraya.

Supramono, Gatot. 2014. Transaksi Bisnis Saham dan Penyelesaian Sengketa Melalui Pengadilan. Bandung: Emas.

Jurnal

Otot perut, Susanto. 2014 "Manajemen Strategis Jauh Menjangkau". Dipulihkan 21 Oktober 2021.

Ardiansyah, Pedi. 2020. "Model Platform Bisnis Berbasis Web dalam Mendukung Dukungan UMKM di Indonesia". Dipulihkan 21 Oktober 2021.

Dermawan, Akhmad, Kesih Kurnia, Sri Fortune. 2019. “Pengaruh Pengetahuan Spekulasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal”. Dipulihkan 23 Oktober 2021.

Hasanah, Afrianty, Yulinda, dan Hesty Yuniasih. 2019. “Pemeriksaan Pengaruh Bandwadon Effect Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal” sampai pada tanggal 21 Oktober 2021.

Lutfi, Asep Muhammad, dan Nardi Sunardi. “Pengaruh Current Ratio (Cr) Return On Equity (Roe). Selanjutnya Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Yang Berdampak Pada Kinerja Keuangan Perusahaan”. Diterima pada 21 Oktober 2021.

Mubarok, Fery Khusnul. 2018. “Peranan Sosialisasi dan Edukasi Dalam Menumbuhkan Minat Investasi di Pasar Modal Syariah”. Dipulihkan 21 Oktober 2021.

Muklis, Faizah. 2016. “Perkembangan dan Tantangan Pasar Modal Indonesia”. Diary sampai pada 21 Oktober 2021.

Nawasiah, nana, Hotman Freddy, Roy Prakoso.2019. “Sosialisasi Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Bagi Masyarakat Desa Srengseng Sawah, Kecamatan Kagakarsa, Jakarta Selatan”. Dipulihkan 23 Oktober 2021.

Nuraini, Maslihah, Junaidi. 2019. “Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Investasi, Modal Investasi Minimum, Return, Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal”. Diakses pada 23 Oktober 2021

Oktapia, Ade Della, Anggi Adrian. 2019. “Pembahasan Strategi Sosialisasi Pasar Modal dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berinvestasi Publik di Era Industri4.0”. sampai pada 23 Oktober 2021.

Saifullah, Muhammad, Fachrurazi, Firdaus Achmad, Sandi Adji Usman, Rizki Wahyuni. 2019. “Kunci Manajemen Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah”. Dipulihkan 21 Oktober 2021.

Sari, Herlinda Maya Kumala, Suryono, Nihlatu; Roh Kudus. 2021. "Strategi Lulusan Perguruan Tinggi Terbaru untuk Investasi di Sektor Keuangan". Sudah sampai 21 Oktober.

Menulis, Harry. 2018. “Minat Investasi Mahasiswa dan Kualitas Pelayanan Gerai Bursa Efek Indonesia STIE Unity Bogor”. sampai pada tanggal 23 Oktober 2021.

Sidiq, Asah Wiari, Asih Niati. 2020. “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Sikap Individu Terhadap Minat Investasi Saham Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Semarang”. Dipulihkan 23 Oktober 2021.

Stefany, Wulan Purnamasary 2018. “Strategi Marketing Public Relations PT Crowde Dalam Meningkatkan Minat Investasi”. Sudah sampai 21 Oktober.

Internet

Sikapiuangmu.ojk.go.id. Berkenalan Dengan Perusahaan Sekuritas dan Manajer Investasi https://www.mncsekuritas.id/cabang/maps diakses pada tanggal 21 oktober 2021.

Tokopedia.com. Detail bursa efek.https://kamus.tokopedia.com/b/bursa-efek diakses pada tanggal 21 oktober 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dedi Wajihadin, Muh. Amir, Rahman Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.