Pengaruh Modal Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Industri Koran (Studi Kasus Pada PT. Media Kita Sejahtera Kota Kendari)

Adhitya Pratama, Aminuddin Aminuddin, Siti Hairani Idrus

Abstract


Menganalisis dampak tenaga kerja dan modal terhadap pendapatan bisnis surat kabar adalah tujuan dari proyek penelitian ini. Semua 40 partisipan dalam penelitian ini adalah pekerja tetap PT Media Kita Sejahtera Kota Kendari. Sampling jenuh adalah metodologi yang dimanfaatkan untuk metodologi kuantitatif asosiatif dan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian membuktikan bahwa tenaga kerja memiliki dampak besar pada pendapatan industri surat kabar sedangkan modal memiliki dampak substansial pada pendapatan pada tingkat yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa tenaga kerja dan modal memiliki peran penting dalam profitabilitas bisnis surat kabar. Karena semua variabel independen dapat menyumbang 29,3% dari variabel dependen, maka nilai adjusted R square ialah 0,293. Sementara variabel lain yang tidak terdapat ialah 70,7% sisanya.

Keywords


Pendapatan; Industri Koran; Tenaga Kerja

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong U. 2002. Dinamik Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. 2013. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardani, et al. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. no. April, 2020.

I Made Yuliara. 2016.”Regresi Linear Berganda”

Masyhuri 2007. Mikro Ekonomi. Malang: UIN Malang Press

Nursid Sumaatmadja. 1988. Studi Geografi Pendekatan dan Analisis Keruangan. Alumni: Bandung.

Pamuji E. Media Cetak vs Media Online (Perspektif Manajemen Dan Bisnis Media Massa).; 2019. http://repository.unitomo.ac.id/2594/1/buku MEDIA CETAK VS MEDIA ONLINE %281%29.pdf

Purwanto, Erwan Agus, and Dyah Ratih Sulistyastuti. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, 2020.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sandono Sukirno, Mikro Ekonomi Teori Pengantar, (Jakarta : PT: Raja Grafindo Persada,2012).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarniati, Lestari. “Ekonomi Sumber Daya Manusia - Google Books.” Deepublish, 2019,p.125, https://www.google.co.id/books/edition/Ekonomi_sumber_daya_manusia/OLkuAAAAMAAJ?hl=id&gbpv=0&bsq=faktor faktor yang mempengaruhi pendapatan.

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif:dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS (Jakarta, 2013),38.

Teguh, Muhammad.2016. Ekonomi Industri. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wibowo Sukirno, Supriadi Dedi, Ekonomi Mikro Islam, (Bandung : Pustaka Setia,2013).

ARTINI, NI RAI. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Umkm Di Kabupaten Tabanan.” Ganec Swara, vol. 13, no. 1, 2019, p. 71, https://doi.org/10.35327/gara.v13i1.64.

Asnelly, Surya, et al. “AnalisisFaktor-Faktor YangMempengaruhi PendapatanPengusaha DepotAir Minum IsiUlang Di KecamatanTungkal IlirKabupaten TanjungJabung Barat.” E-JournalPerdagangan Industri Dan Moneter, vol. 7, no. 3, 2019, pp. 161–72, https://doi.org/10.22437/pim.v7i3.10007.

Butarbutar, Gestry Romaito. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Industri Makanan Khas Di Kota Tebing Tinggi.” JOMFekom, vol. 4, no. 1, 2017, pp. 619–33, https://media.neliti.com/media/publications/125589-ID-analisis-dampak-pemekaran-daerah-ditinja.pdf.

Dinda W.R, Prahastiwi, et al. “Faktor-FaktorYang MempengaruhiPendapatan UMKMTempe DiDesa SepandeKecamatan CandiKabupaten Sidoarjo.” Bharanomics, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 47–57, https://doi.org/10.46821/bharanomics.v2i1.190.

Frans, Selvenco, and Tuasuun Fransisca. “ANALISISFAKTOR-FAKTOR YANGMEMPENGARUHI PENDAPATAN.” JurnalEkonomi, vol. XIV, no. 2, 2020.

Nisa, Khairun, and M. Sahnan. “AnalisisFaktor-Faktor Yang MempengaruhiPendapatan Pedagang Di Pasar

KecamatanPangkatan.” JEKKP (JurnalEkonomi, Keuangan DanKebijakanPublik), vol. 3, no. 1, 2021, pp. 1–15, https://doi.org/10.30743/jekkp.v3i1.4070.

PATIMATUZZAKRAH, PATIMATUZZAKRAH. DAMPAK PARIWISATA TERHADAP PENGEMBANGAN DAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI PANTAI KUTA MANDALIKA DESA KUTA KECAMATAN PUJUT LOMBOK TENGAH. Diss. Universitas-_Muhammadiyah_Mataram, 2020.

Risfy Novendri. “Faktor-Faktor Yang MempengaruhiPendapatan PengusahaIndustri RumahTangga PengolahanKue Kering DiKecamatan BanjarmasinUtara.” Jurnal IlmuEkonomi DanPembangunan, vol. 2, no. 1, 2019, pp. 140–54.

Ritonga, Mulkanuddin. “FAKTOR Manajemen Biaya Dan Manajemen Pemasaran terhadap pendapatan melalui intensitas produksi pada ukm industri rumah di Kota Binjai.” Jumat 8.2 (2018): 68-78.

Sakti, Budiman, and Hevi Dayanti. “AnalisisFaktor-Faktor YangMempengaruhi PendapatanNelayan Kecamatan Semidang AlasMaras KabupatenSeluma.” Equity: JurnalEkonomi, vol. 6, no. 02, 2020, pp. 25–30, https://doi.org/10.33019/equity.v6i02.21.

Simanjuntak, Romauli. “ANALISISFAKTOR-FAKTOR YANGMEMPENGARUHIPENDAPATAN

USAHATANIJAGUNG (NagoriBayu BagasanKecamatan TanahJawa KabupatenSimalungun).” Agriprimatech, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 32–37, https://doi.org/10.34012/agriprimatech.v4i1.1316.

Yuniarti, Puji. “AnalisisFaktor-Faktor Yang MempengaruhiPendapatan PedagangDi PasarTradisional CinereDepok.” WidyaCipta - JurnalSekretari DanManajemen, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 165–70, https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5296.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adhitya Pratama, Aminuddin Aminuddin, Siti Hairani Idrus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.