ANALISIS NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survey Pada Pengguna MS Glow di Kota Sukabumi)

Amelia Putri, Kokom Komariah, Resa Nurmala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mediasi kepuasan pelanggan dalam hubungan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis cluster random sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 150 pengguna MS Glow di Kota Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa MS Glow telah berhasil membangun nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan yang baik bagi konsumen. Nilai pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 8,324, kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 9,742 dan kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 5,298. Maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan berperan sebagai mediator hubungan antara nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.

Keywords


Nilai Pelanggan; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amelia Putri, Amelia Putri, Kokom Komariah, Resa Nurmala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Universitas Halu Oleo Universitas Halu Oleo Kendari

Mailing:
Laboratorium Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Address: Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232, Indonesia.
Phone: 0811-3666-227
Contact E-Mail: bisnisuho@uho.ac.id
Website: https://www.uho.ac.id/ 


Creative Commons License
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.