Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for BioWallacea : Jurnal Penelitian Biologi (Journal of Biological Research)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

BioWallacea menggunaakan pedoman penulisan jurnal yang merupakan acuan umum yang harus dipatuhi bagi para penulis yang akan memasukkan naskah publikasinya pada jurnal ini.

 

Ketentuan Umum

Pengiriman setiap naskah harus disertai dengan surat keterangan yang menyatakan bahwa naskah masih asli dan belum pernah dipublikasikan pada media lain. Hal ini diberlakukan untuk menghindari publikasi rangkap. Informasi tentang ditolak atau diterimanya naskah publikasi akan diinformasikan setelah naskah tersebut ditelaah oleh penyunting (reviewer). Selanjutnya jika ada masukan untuk revisi, naskah tersebut akan dikembalikan kepada penulis untuk ditindaklanjuti.

Bagi naskah yang diterima, hak cipta selanjutnya menjadi hak milik Penerbit (Jurusan Biologi FMIPA Universitas Halu Oleo). Kepada penulis  yang ingin hardcopy akan dikenakan biaya tambahan sesuai harga cetakan buku. Naskah serupa tidak diperkenankan di publikasikan kembali oleh penulis pada media lain, kecuali seijin penerbit dan merujuk pada sistem yang berlaku pada penerbitan.

Setiap naskah harus disertai alamat korespondensi lengkap. Naskah dikirimkan ke alamat Redaksi BioWallacea : Jurusan Biologi Lantai 2, FMIPA Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu Kendari 93232. File softcopy juga dapat dikirimkan melalui :

Website           :    http://ojs.uho.ac.id/index.php/wallacea/login  

Email              :   biowallacea@uho.ac.id

 

Syarat untuk pengiriman naskah :

1. Dapat dilakukan secara online, dengan cara register dan login: 
    http://ojs.uho.ac.id/index.php/wallacea/user/register

2. Template Artikel/Manuskrip dapat di download disini

3. Menyertakan Surat Pernyataan Bebas Plagiat, dapat di download disini

4. Menggunakan Sitasi dan Penulisan Biblioghraphy dengan Aplikasi MENDELEY,      panduannya dapat di download disini

5. Artikel yang telah disetujui, harus terlebih dahulu melakukan pembayaran          yang infonya dapat dilihat disini

Konfirmasi pengiriman file hardcopy, softcopy, dan info lainnya dapat menghubungi contact redaksi jurnal BioWallacea Phone : 085241767959 - Jamili (Editor in Chief) dan 085396691601 – La Ode Adi Parman Rudia (Editor Layout).

 

Bentuk Naskah

BioWallacea menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian, komunikasi pendek dan kajian buku, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sesuai bidang kajian ilmu Biologi, lihat aturan ruang lingkup naskah di http://ojs.uho.ac.id/index.php/wallacea/about/editorialPolicies#focusAndScope. Naskah terdiri dari bagian-bagian yang umum, yaitu Judul, abstrak (Abstract), Pendahuluan (Introduction), Metode Penelitian (Methods), Hasil dan Pembahasan (Results and Discussion), Kesimpulan (Conclusion), Ucapan Terima Kasih (Acknowledgments) (Jika ada), dan Daftar Pustaka (Refferences).

Naskah hasil penelitian maksimum 15 halaman termasuk Gambar dan Tabel. Harus dicantumkan sumber rujukan pada bagian bawah di akhir gambar atau tabel. Diusahakan agar tidak ada lampiran dalam naskah, namun jika memang dianggap penting, masih dapat ditolerir. Naskah belum pernah dan tidak akan diterbitkan dalam majalah atau jurnal lain dan asli hasil karyanya. Naskah diketik pada satu sisi kertas putih ukuran A4 (210 x 297), dalam satu kolom spasi 1,15. Jenis huruf Arial, ukuran 10,5 point, dengan jarak tepi 2 cm pada semua sisi. Jika terdapat penambahan jenis huruf (simbol) harus kompatibel pada komputer yang berbasis MS Word (minimal harus MS Word Office versi “97-2003” atau “2007”) yang akan dikirimkan ke penerbit.

Penulisan nama ilmiah harus disesuaikan dengan sistem yang berlaku pada masing-masing bidang ilmu, demikian pula dengan tatanama kimia, biokimia, dan persamaan matematika (jika ada). Jika dicantumkan nama daerah, dibuat agar tidak menimbulkan makna ganda.

 

Format Naskah

  1. Judul : Menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas, maksimum 15 kata. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Di bawah judul harus tertulis nama lengkap para penulis (tidak disingkat), tanpa gelar, alamat penulis (instansi asal, alamat dan alamat e-mail untuk korespondensi penulis). Jika para penulis memiliki alamat berbeda, maka harus diberi tanda (mis. Angka 1 atau 2 dan masing-masing tanda diberi nama instansi atau universitasnya.
  2. Abstrak : Maksimum 300 kata. Berisi inti naskah yang memuat tujuan, hasil dan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang telah dikerjakan. Nama organisme disertai nama ilmiahnya. Ditulis dalam dua bahasa yaitu Inggris dan Indonesia. Pada bagian akhir abstrak disertai beberapa kata kunci (key words), 4-6 kata.
  3. Pendahuluan : Berisi tentang teori, hasil penelitian dan atau berita-berita terkini yang menjadi latar belakang mengapa penelitian dilakukan, rumusan permasalahan, tinjauan pustaka yang ringkas, dan tujuan penelitian.
  4. Metode Penelitian : Mendeskripsikan dan menjelaskan secara singkat, jelas, rinci dan padat tentang bahan dan alat, waktu dan tempat, sampel (kualifikasi), desain penelitian dan analisa data, tahapan cara kerja, parameter dan cara pengukuran serta cara analisis data.
  5. Hasil dan Pembahasan : Menyajikan hasil yang diperoleh secara singkat, ilustrasi berupa tabel, gambar atau deskripsi kualitatif, kemudian dibahas sebab-akibatnya, keterkaitan dengan teori dan hasil penelitian terdahulu yang mirip dan sejenis. Di sini penulis diharapkan berani untuk menilai kelebihan dan kekurangan yang diperoleh dengan cara memperbandingkan dengan hipotesis, standar mutu dan/atau hasil penelitian terdahulu yang sejenis dan mirip. Dampak penelitian yang dilakukan perlu juga diuraikan diakhir pembahasan.
  6. Simpulan dan Saran : Simpulan dibuat singkat, jelas dan bersifat kualitatif dan umum bukan sebagai rangkuman hasil. Simpulan yang ditarik menggambarkan atau memberi jawaban atas permasalahan atau tujuan penelitian. Saran-saran ditulis sebagai harapan peneliti untuk memperbaiki, mengembangkan, menerapkan, dan menyempurnakan penelitian yang dilakukan.
  7. Ucapan Terima Kasih (Jika ada) : Ditujukan kepada instansi dan/atau orang yang berjasa besar terhadap penelitian yang dilakukan. Dibuat dalam 1 alinea maksimum 50 kata.
  8. Daftar Pustaka : Daftar pustaka diurut sesuai abjad berdasarkan acuan daftar pustaka. Acuan pustaka untuk jurnal, tesis, disertasi, dan prosiding harus minimal 10 tahun terakhir. Jumlah pustaka dalam naskah minimal 15 daftar pustaka. Daftar Pustaka diketik 1 spasi, dengan contoh tata cara penulisan sebagai berikut :

 

Analuddin,  Jamili,  dan Rasas  Raya,  2012, Perancangan Model Pengelolaan Ekosistem Mangrove untuk Mengoptimalkan Perlindungan Hewan Endemik di Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Sulawesi Tenggara, Laporan Penelitian Hibah Bersaing  Dikti. 2012, Univesitas Haluoleo, Kendari.

Sara, La. 2014. Pengelolaan Wilayah Pesisir (Gagasan Memelihara Aset Wilayah Pesisir & Solusi Pembangunan Bangsa). Penerbit Alfabeta. Bandung.  

Yanti, N. A., Margino, S. dan Sembiring, L. 2010. Optimasi Produksi Poli-ß-hidroksibutirat (PHB)  oleh Bacillus sp. PSA10. Biota, 15 (3) : 331-339.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Copyright Notice

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.