EFEKTIVITAS SISTEM PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU (TPST) PADA PERUMAHAN GRAHA ASRI KENDARI

ILHAM ILHAM

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas sistem Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di kompleks Perumahan Graha Asri Kelurahan Watulondo.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pemberian kuesioner kepada masyarakat Perumahan Graha Asri. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan Statistik Deskriptif (deduktif) dan Statistik lnferensial (induktif).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). volume sampah yang dihasilkan masyarakat di Perumahan Graha Asri Kelurahan Watulondo setiap harinya 3,395996 m3/hari atau setara dengan 3.395,996 liter/hari dan rata-rata volume sampah yang dihasilkan per orang yakni sebesar 0,0035785 m3/orang/hari atau setara dengan 3,5785 liter/orang/hari, 2). karakteristik sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Perumahan Graha Asri dikategorikan dalam kategori sampah basah/organik berupa sisa makanan, sisa buah¬-buahan, sisa sayuran dan rumput serta dedaunan serta kategori sampah kering/anorganik berupa: plastik, karton, kertas, koran, dos makanan/kemasan, kocok telur, botol plastik, botol kaleng, bekas popok bayi dan pembalut wanita, 3). model pengolahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat di kompleks Perumahan Graha Asri dalam rangka penanganan sampah yakni dibuang ke TPS, dibakar, dibuang ke lahan kosong/saluran, ditimbun, dijadikan makanan ternak serta sebagian sampah dijual ke kolektor barang bekas, dan 4). kondisi sistem pengelolaan persampahan di kompleks Perumahan Graha Asri belum maksimal terutama pada teknik operasional dan manajemen kelembagaan yang menyangkut sistem pengangkutan dan pengolahan sampah.
Kata Kunci : Sampah, efektivitas, perumahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:
Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik
Universitas Halu Oleo
Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari-Sulawesi Tenggara
Telp: (0401) 3198164
email : unity.uho@gmail.com