Self-Regulated Learning dan Stres Akademik pada Siswa
Abstract
Stres akademik merupakan salah satu jenis stres yang biasa dialami oleh banyak siswa, termaksud siswa kelas XI. Stres ini biasanya bersumber dari berbagai tuntutan akademik yang tidak dapat diatasi siswa. Salah satu faktor yang diduga berkaitan dengan stres akademik adalah self-regulated learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self-regulated learning dan stres akademik pada siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Kendari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini termaksud dalam penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasional. Intrumen pengumpulan datanya menggunakan dua skala, yaitu Skala Self-Regulated Learning dan Stres Akademik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat self-regulated learning dan stres akademik pada siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Kendari sebagian besar berasa pada kategori sedang. Data analisis dengan menggunakan teknik Pearso’n Product Moment correlation. Hasilnya menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang diperoleh sebesar -0,318 dengan taraf signifikansi 0,016 (ρ < 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara tingkat self-regulated learning dan stres akademik pada siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Kendari.
Keywords
self-regulated learning; siswa; stres akademik
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.36709/sublimapsi.v5i2.44927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Sublimapsi
Jurnal Sublimapsi Indexed By
About license:
Jurnal Sublimapsi by http://ojs.uho.ac.id/index.php/sublimapsi was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penerbit
Jurusan Psikologi FKIP Universitas Halu Oleo
Alamat Redaksi
Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Email: sublimapsi@uho.ac.id
Support Contact (WhatsApp): Laode Surazal(085800614804)